January 26, 2022
posisi benar saat menyusui

Cara Tepat Agar Posisi Benar Saat Menyusui

Posisi benar saat menyusui adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu. Mengapa demikian ? Karena hal ini dilakuka bermanfaat untuk mencegah terjadinya rasa nyeri pada puting dan mencegah payudara agar tidak mengalami penyumbatan saat menyusui.

Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mempelajari posisi saat menyusui dengan baik dan benar. Karena menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, melainkan harus memahami dan mengetahui tentang posisi yang benar.

Dan bagi anda yang masih belum berpengalaman menyusui si kecil, anda tidak perlu khawatir. Pada artikel terkini akan dijelaskan mengenai beberapa cara tepat yang bisa dilakukan agar posisi benar saat menyusui. Bagi anda yang penasaran, simak saja ulasan di bawah ini !

Bagaimana Cara Tepat Agar Posisi Benar Saat Menyusui ?

 

  1. Posisi Bayi Harus Disesuaikan dengan Benar

Menyesuaikan posisi bayi adalah hal penting yang perlu anda perhatikan pada saat menyusui. Tujuannya yakni agar si bayi tetap merasa aman dan nyaman. Ketika posisi bayi sudah terasa nyaman, maka anda bisa memberikan ASI secara langsung pada bayi.

  1. Dekatkan Bayi pada Payudara

Pada saat menyusui si kecil, pastikan bahwa payudara anda telah dekan pada posisi bayi. Hal ini dapat dilakukan ketika Anda mengetahui bahwa bayi sudah mulai membuka mulut untuk menyusu. Namun, perlu diketahui bahwa pada saat itu terkadang si bayi tidak juga membuka mulut untuk menyusu. Dapat dikatakan bahwa si bayi kesulitan menemukan puting untuk menyusu.

 

Oleh karena itu, pada kondisi tersebut kami sarankan agar anda dapat memancingnya dengan menggunakan puting susu yang disentuh-sentuhkan pada bibir si bayi. Setelah itu, si bayi akan terdorong untuk segera membuka mulut. Hal ini dapat anda lakukan dengan tujuan agar si bayi tidak kesulitan.

  1. Gunakan Satu Payudara

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan agar posisi benar saat menyusui yaitu menggunakan satu payudara saja. Hal ini lebih baik anda lakukan dari pada harus menyusi menggunakan kedua payudara sekaligus. Maka dari itu, pada saat si bayi menyusu, sebaiknya jangan mudah melepaskan mulut bayi pada puting dan terus menggantikan pada payudara yang satunya.

  1. Kondisi Ibu dan Bayi Harus Sama-sama Nyaman

Cara tepat selanjutnya yang perlu anda ketahui yakni kondisi ibu dan bayi harus sama-sama nyaman. Dalam hal ini anda sebagai seorang ibu yang menyusui si kecil harus memposisikan kepala bayi agar lebih tinggi daripada tubuhnya.

Sedangkan tangan si ibu harus diletakkan di bawah kepala bayi sebagai penyangga. Dan usahakan juga bahwa hidung si bayi harus sejajar dengan puting ibu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar si bayi dapat dengan mudah ketika menghisap ASI dan menelannya.

  1. Perhatikan Waktu dalam Pemberian ASI

Selain beberapa cara tepat yang sudah disebut di atas. Hal yang tak kalah pentingnya yaitu memperhatikan waktu dalam pemberian ASI pada si kecil. Perlu digarisbawahi bahwa setiap bayi memiliki kebutuhan ASI dengan batas waktu yang berbeda-beda.

Namun pada umumnya di sini untuk bayi yang baru lahir, yang masih di usia 1 minggu kebutuhan akan ASI mencapai sebanyak 45 hingga 60 ml dalam sekali minum. Ini adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang ibu.

Nah itulah beberapa cara tepat yang bisa dilakukan agar posisi benar saat menyusui, dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *