August 19, 2022
Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Serangan jantung adalah sebuah penyakit yang menyerang organ jantung. Serangan jantung bisa berakibat pada berhentinya detak jantung sehingga proses aliran darah ke seluruh tubuh juga ikut berhenti.

Penyakit serangan jantung sendiri biasanya disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak, kolesterol dan lain sebagainya yang telah membentuk plak.

Plak tersebut nantinya bisa menghambat aliran darah ke otot jantung sehingga fungsi jantung bisa terganggu sebagian ataupun secara keseluruhan.

Penyebab Serangan Jantung

  1. Aktivitas Fisik yang Berat

Aktivitas fisik yang berat dan melelahkan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung pada seseorang.

Hal ini dikarenakan pada kondisi kecapekan biasanya darah akan mengalir secara cepat dalam tubuh dan juga jantung. Dalam titik tertentu ini bisa menyebabkan serangan jantung secara mendadak.

Maka dari itu, jika anda mengidap penyakit jantung, sebaiknya menghidari aktivitas fisik yang terlalu melelahkan seperti misalnya bekerja di luar ruangan.

Adapun, anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga olahraga berat dan melelahkan. Jika anda menderita penyakit jantung sebaiknya anda melakukan olahraga ringan seperti misalnya jalan kaki ataupun olahraga lainnya dengan intensitas ringan sampai sedang.

  1. Kemarahan

Rasa kesal dan amarah dapat membuat darah beredar secara cepat ke area jantung sehingga menyebabkan jantung juga berdetak lebih cepat.

So, Jika disekeliling anda ada yang mempunyai penyakit jantung, sebaiknya anda hindari membuat masalah yang dapat membuatnya marah besar. Hal ini berbahaya karena dapat memicu reaksi serangan jantung yang membuatnya roboh tidak sadarkan diri.

Selain kemarahan, anda juga harus menghindari pemberian kabar yang sifatnya bisa membuat penderita jantung down ataupun sedih secara mendadak.

Jika memang ingin memberi kabar yang sifatnya kurang baik, aturlah strategi sedemikian rupa agar ia tidak terlalu kaget ketika nanti mendengarnya. Anda bisa mendiskusikan ini dengan orang orang yang ada disekitar anda.

  1. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu hadirnya beberapa penyakit seperti misalnya darah tinggi, kolesterol, diabetes dan lain sebagainya. Penyakit tersebut biasanya memicu penyakit jantung dan juga serangan jantung.

Selain kelebihan berat badan. Memakan kalori, karbohidrat dan lemak dalam jumlah berlebih dalam sekali waktu bisa juga menjadi penyebab berhentinya jantung secara tiba tiba.

Hal ini terjadi karena makanan berlebih dapat menganggu sistem kerja dari pembuluh darah yang tidak bisa rileks dan juga berkontraksi. Secara tidak langsung hal tersebut dapat membuat sistem kerja jantung menjadi lebih berat dari normal.

  1. Cuaca Ekstrim

Cuaca panas atau dingin yang berlebih juga menjadi salah satu penyebab dari terjadinya serangan jantung. Hal demikian pernah terbukti terjadi di daratan Eropa pada 2003.

Begitupun di Amerika, menurut data, kematian akibat serangan jantung biasanya akan meninggi seiring dengan puncak musim dingin yang terjadi di negara tersebut.

  1. Penyakit Tertentu

Penyakit jantung bisa juga menjadi parah ketika seseorang mengidap penyakit lain seperti misalnya inveksi virus. Hal ini banyak terjadi ketika kondisi pandemi corona seperti kemarin.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan diatas. Serangan jantung bisa juga disebebkan oleh beberapa hal lain seperti misalnya asap polusi, storek, infeksi pernapasan, efek obat obatan tertentu dan juga kondisi stress dalam rentang waktu berkepanjangan.

So, itulah tadi beberapa penyebab dari adanya serangan jantung yang biasa terjadi pada manusia. Sayangi tubuh dengan melakukan pola hidup sehat dan juga banyak berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *