May 12, 2021
Asuransi Kesehatan Karyawan

Tips Aman dan Sehat untuk Makan Siang di Kantor Selama WFO

Sejak beberapa bulan lalu, sebagian besar perkantoran di Indonesia sudah beroperasi kembali kendati wabah Covid-19 belum mereda. Untuk menekan peluang penambahan kasus, mereka pun menerapkan protokol kesehatan, mengaplikasikan sistem WFH-WFO secara bergiliran, hingga menyediakan asuransi kesehatan karyawan yang sudah menyertakan tanggungan Covid-19.

 

Meski begitu, protokol kesehatan dari pemerintah maupun WHO bukan satu-satunya pegangan yang harus diterapkan perusahaan maupun karyawan. Sebab, bila mayoritas karyawan membawa bekal sendiri untuk makan siang di kantor, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Cuci tangan dan lepas masker

Memasuki jam makan siang, karyawan perlu mencuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun cair. Setelah tangan berada dalam kondisi bersih, lepas masker secara perlahan dan simpan di tempat bersih supaya tidak terkontaminasi. Menurunkan masker ke area leher kurang disarankan karena berisiko mengotori masker.

  • Hindari makan bersama kelompok besar

Selain bekerja, makan bersama juga sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil. Langkah ini akan menekan transmisi virus, mengingat ada kasus positif yang terjadi tanpa gejala. Kemudian,  karyawan tetap harus menjaga kebersihan, termasuk tidak berbagi makanan maupun peralatan yang dipakai untuk menyantapnya (SHRM).

  • Duduk menyilang dan tak berhadapan

Percikan yang berasal dari bersin atau batuk yang terlempar lalu terhirup atau jatuh ke permukaan berisiko menularkan virus pada seseorang. Oleh karena itu, karyawan perlu mengubah kebiasaan duduk berhadapan dengan bersisian sambil menjaga jarak. Pilihan lain yang dapat dipilih adalah duduk secara menyilang atau pola zigzag.

  • Bersihkan meja sebelum dan sesudah makan

Memang agak merepotkan, tetapi langkah ini akan menekan paparan kotoran, bakteri, maupun virus kepada orang-orang di sekitar. Memanfaatkan tisu basah dan cairan desinfektan yang sudah disediakan kantor adalah cara untuk membersihkannya. Kemudian, langsung buah tisu yang Anda gunakan tadi supaya tidak ada jejak kotoran yang tertinggal.

  • Optimalkan waktu mengobrol

Dilansir dari NCBI, studi yang dilaksanakan sejumlah peneliti di United State National Academy of Sciences, Engineering, & Medicine membuktikan bahwa bicara atau bernapas berpotensi melepas partikel kecil yang membawa virus. Anda dan rekan sesama karyawan yang senang mengobrol sambil makan siang sebaiknya membatasi kebiasaan tersebut dari sekarang.

Membiasakan diri melakukan langkah-langkah di atas diharapkan membuat karyawan tetap bisa menikmati makan siang tanpa harus mengorbankan kesehatan mereka. Semoga tips ini membantu Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *