May 12, 2021
Zahir ERP

Pertimbangan Sebelum Menggunakan Zahir ERP

Zahir ERP adalah aplikasi tool management yang sudah sangat dikenal. Banyak perusahaan di Indonesia sudah menggunakan alat ini dengan sukses. Tentu di antara Anda yang memiliki perusahaan ingin menggunakan alat ini juga. Tapi apakah Anda yakin sudah siap?

 

Walaupun bisa digunakan untuk siapa saja, pastikan perusahaan Anda memang butuh. Jangan sampai sudah bayar mahal untuk aplikasi ini, tapi efek penggunaannya tidak banyak. Semua alat akan tergantung dari bagaimana penggunaannya. Jika hanya asal punya, perusahaan Anda tidak akan dapat benefit apapun.

 

Untuk pastikan Anda bisa maksimalkan penggunaan tool ERP dari Zahir ini, pastikan pertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut:

 

Ukuran Perusahaan

Hal pertama yang menjadi pertimbangan penting adalah ukuran perusahaan. Jika perusahaan Anda kecil, seperti koperasi UMKM misalnya, ERP malah akan menjadi beban. Anda perlu tahu bahwa harga ERP ini tidak murah. Terkadang Anda harus bayar juga untuk layanan langganan dan maintenance.

 

Jika ukuran perusahaan kecil, membayar penggunaan ERP tentu sulit. Memang pekerjaan bisa efektif, tapi jika pemanfaatannya hanya untuk 20 karyawan saja, apakah ini efektif? Bagi Anda dengan perusahaan kecil, penggunaan tool alternatif akan lebih baik.

 

Zahir menyediakan ERP dengan kelas premium. Harga dan kualitasnya tentu tinggi. Sayangnya untuk perusahaan kecil, Anda hanya akan membuang uang. Namun sebagai solusi, Anda bisa coba paket layanan lain dari Zahir seperti produk Zahir Accounting yang menyediakan paket untuk small business.

 

Budget

Pertimbangan berikutnya adalah budget. Tergantung modal yang Anda miliki, ERP mungki bukan pilihan baik. Tidak semua perusahaan mampu memiliki pendapatan tetap dan besar untuk bayar layanan aplikasi ini.

 

Walaupun harga layanan Zahir ERP tergolong standar, harganya tetap di atas banyak layanan aplikasi accounting. Jika memang tidak bisa gunakan ERP, alternatif lain tetap ada. Tentu fitur ERP adalah yang paling baik untuk manajemen perusahaan antara divisi, tapi jika memang tidak ada uang, apa boleh buat?

Perusahaan memang bisa menghasilkan lebih banyak uang jika berjalan efektif. Tapi jika karena salah mengatur budget, keuntungan yang dihasilkan bisa mengecil. Lebih baik pastikan untuk mengembangkan usaha terlebih dahulu.

 

Jika perusahaan Anda sudah stabil dan berkembang baik, barulah pertimbangkan pakai ERP. Tidak semua startup yang ingin besar harus pakai alat bantu ini untuk sukses. Jika budget belum mencukup dan ada alaternatif lain yang terjangkau, Anda tidak perlu memaksakan pakai.

 

Pelatihan Penggunaan dan Integrasi

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah pelatihan karyawan untuk penggunaan ERP. Aplikasi ini hanya bisa efektif jika semua karyawan mampu mengerti penggunaannya. Belajar penggunaan ERP memang mudah bagi yang sudah terbiasa. Tapi bagi mereka yang tidak tahu sama sekali, proses pengenalannya bisa memakan waktu.

Bagi Anda yang ingin menggunakan ERP pada perusahaan yang sama sekali bekerja analog sebelumnya, persiapan khusus harus dilakukan. Mengajari karyawan umur 45 tahun untuk menggunakan digital tool saja bisa sulit, apalagi hal seperti ERP yang bisa lebih kompleks.

 

Proses integrasi dan pelatihan akan memakan biaya dan waktu. Untuk perusahaan besar, mengubah sistem akan berpengaruh banyak dalam produktivitas. Untuk memastikan perubahan ini bisa dilakukan baik, Anda harus menyusun proses integrasi dan jadwal pelatihan secara bertahap.

 

Untuk ukuran perusahaan besar, integrasi ke tiap divisi dan karyawan bisa memakan waktu 1 tahun lebih. Proses ini sebenarnya bisa lebih cepat, tapi akan memiliki efek negatif pada produktivitas perusahaan. Tanpa persiapan baik, integrasi bisa berpengaruh negatif. Jadi pastikan jangan remehkan hal ini.

 

Setelah melakukan 3 pertimbangan penting di atas, barulah Anda siap menggunakan Zahir ERP. Untuk keperluan bisnis dan perusahaan, tool dari Zahir ini tentunya premium dan memang sangat membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *