May 12, 2021

Berwisata ke Malang, Berikut 7 Kuliner Legendaris yang Patut Dicoba

Selain alamnya yang memukau, Kota Malang juga menghadirkan wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah wisatawan. Untuk menikmati beragam kuliner, para wisatawan hanya perlu datang ke Alun alun Kota Malang. Sebab, tempat tersebut terdapat beragam kuliner legendaris yang patut untuk dicoba. Nah, berikut adalah 7 kuliner legendaris yang berada di sekitar Alun alun Malang;

Toko Oen telah sudah ada sejak tahun 1930 an. Tempat ini terkenal akan es krim legendarisnya. Kamu bisa pilih beragam rasa mulai dari vanila, cokelat, sampai buah buahan. Harga satuscoopsekitar Rp 25.000 an. Selain es krim ada juga menu makanan berat, seperti gado gado, sate ayam, maupun cap cay. Kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 an untuk makanan di sini.

Toko Oen berada tak sampai 200 meter dari Alun alun KotaMalang, tepatnya berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 5, Kauman, Kecamatan Klojen. Tempat kuliner legendaris ini buka setiap pukul 08.00 21.30 WIB. Depot Hok Lay berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Sukoharjo, Kecamatan Klojen.

Dari Alun alun KotaMalang, cukup jalan kaki sekitar 5 menit. Arahkan kaki ke Jalan Agus Salim (Swalayan Gajahmada). Setelah menemui Toko Aster, kamu akan melihat perempatan. Dari situ lurus sedikit, Depot Hok Lay berada di sisi kanan. Tempat makan ini telah eksis semenjak tahun 1946 yang sampai sekarang masih menjual minuman andalannya yaitu Fosco, susu sapi murni dicampur cokelat.

Istimewanya, susu cokelat ini disajikan dalam kemasan botol kaca Coca Cola. Lumpia Semarang sentuhan bumbuMalangdan Pangsit Cwiemie, dua makanan yang patut kamu coba. Harga makanan di sini cukup terjangkau sekitar Rp 20.000 an. Untuk minuman misalnya Fosco kira kira Rp 13.000 an.

Depot Hok Lay buka setiap hari, jam buka dibagi menjadi dua sesi, pukul 09.30 13.30 WIB dan 17.00 20.30 WIB. Disarankan ke sini pada saat baru buka, supaya segera mendapat tempat duduk. Tempat kuliner legendaris yang dapat kamu temukan di sekitar Alun alun KotaMalangadalah Rawon Nguling.

Resto ini hadir diMalangsejak tahun 1983, berlokasi di Jalan Zainul Arifin Nomor 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen. Dari Alun alun KotaMalangada dua jalan menuju ke Rawon Nguling, lewat Jalan Agus Salim (Swalayan Gajahmada) atau belakang Swalayan Ramayana. Cukup jalan kaki kira kira 5 menit. Dari Jalan Agus Salim jalan sampai menemukan Toko Aster, perempatan belok kiri, jalan terus sampai menemukan Rawon Nguling di kiri jalan. Tempat makan ini dekat dengan Dewarna Hotel Arifin.

Tentunya kamu harus menjajal nasi rawon dengan harga kurang lebih Rp 30.000 an per porsi. Ada juga varian Rawon Tutup Dengkul (lutut sapi) dan Rawon Buntut (ekor sapi). Kamu bisa juga menyantap Nasi Gule Kambing, Nasi Lodeh Pecel, dan Nasi Campur. Warung Lama H. Ridwan menyajikan kuliner rumahan ala Jawa Timur, seperti rawon dan sate komoh.

Tempat makan legendaris ini berada di dalamPasar Besar Malang, kurang lebih 10 menit jalan kaki dari Alun alun Kota Malang. Kamu bisa masuk dari pintu masuk utama Pasar BesarMalang, masuklah ke lorong kedua sebelah kanan. Dari pintu masuk hanya sekitar 15 meter. Warung Lama Haji Ridwan hadir di KotaMalangsejak tahun 1925. Kamu dapat menjajal rawon maupun sate komoh, dua menu andalan di sini.

Tersedia juga nasi campur dilengkapi beragam lauk dan sayuran yang dapat dipilih sesukamu. Seperti sate usus, tempe goreng, kering tempe, dan gulai. Kamu cukup merogoh kocek kurang lebih Rp 15.000 an sampai Rp 20.000 an. Untuk nasi campur, harga disesuaikan dengan lauk yang kamu ambil. Warung Lama Haji Ridwan buka setiap hari pukul 08.00 16.00 WIB.

Selain Nguling, ada juga tempat makan legendaris yang menjual rawon. Warung Nasi Brintik namanya, dikenal juga sebagai Rawon Brintik. Tempat makan legendaris ini sudah ada semenjak tahun 1942. Berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 39, Sukoharjo, Kecamatan Klojen. Dari Alun alun KotaMalangcukup jalan kaki sekitar 10 menit. Rawon Brintik kira kira 200 meter dari Depot Hok Lay.

Sebagai pendamping makan nasi rawon, kamu juga bisa memilih lauk jeroan sapi seperti paru, otak, dan usus. Harga nasi rawon sekitar Rp 27.500 an, sedangkan lauk jeroan Rp 10.000 an per biji. Warung ini juga menjual semur daging, kari ayam, dan bumbu rujak ayam. Rawon Brintik buka setiap hari pukul 06.00 16.00 WIB.

Selain makanan berat, ada jugadesserttradisional yang telah eksis semenjak tahun 1948 bernamaRonde Titoni. Ronde terbuat dari tepung ketan dibentuk bulat berisi potongan kacang, disiram kuah jahe manis hangat dan ditaburi kacang tanah. Tersedia dua varian ronde, kering dan basah. Ronde basah disiram kuah jahe hangat, ronde kering disiram bubuk kacang.

Ada juga angsle, berisi petulo (berbentuk seperti mi padat terbuat dari adonan tepung beras & santan), kacang hijau, roti tawar, mutiara, disiram kuah santan manis. Harga ronde basah dan angsle sekitar Rp 10.000 an, ronde kering Rp 12.000 an. Kamu juga bisa menjajal roti goreng dan cakue seharga Rp 4.000 an. Ronde Titoni buka mulai pukul 18.00, berlokasi di Jalan Zainul Arifin Nomor 17, Sukoharjo, Kecamatan Klojen.

Dari Alun alun KotaMalangbisa jalan kaki sekitar 10 menit. Arahkan kaki ke belakang Ramayana, jalan sampai menemui Hotel Ollino Garden lalu belok kanan.Ronde Titoniberada dekat dengan Pusat Mie Gloria. Bagi pecinta sate berdaging empuk, kamu bisa menuju ke Warung Sate Gebug 1920.

Tempat kuliner legendaris sejak tahun 1920 ini berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen. Jarak tempuh Warung Sate Gebug kira kira 10 15 menit jalan kaki dari Alun alun KotaMalang. Arahkan kaki ke GramediaMalangterus sampai melewati Telkom Kayutangan. Jalan lurus sampai menemui pagar berwarna kuning hijau.

Inilah Warung Sate Gebug 1920, terletak tepat di sebelah McD Kayutangan. Sate gebug terbuat dari daging sapi yang dipukul (di gebug) sampai lunak barulah dibumbui dan dibakar. Kamu harus merogoh kocek Rp 25.000 sampai Rp 30.000 an per satu tusuk sate gebug. Ada juga sop, rawon, dan soto. Harganya sekitar Rp 25.000 an.

Warung Sate Gebug 1920 buka setiap hari kecuali Jumat, pukul 08.00 16.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *