May 12, 2021
nyeri menstruasi

Penyebab Terjadinya Nyeri Menstruasi, Begini Cara Mengatasinya

Setiap wanita ketika sedang kedatangan bulan biasanya ditandai dengan rasa sakit. Beberapa orang merasa hal itu biasa saja namun ada juga yang tidak bisa menahannya bahkan berakibat pada terganggunya aktivitas. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui penyebab nyeri menstruasi.

Penyebab Terjadinya Nyeri Menstruasi

Penyebab rasa sakit saat haid berbeda-beda. Umumnya, rasa nyeri tersebut terjadi waktu awal-awal saja namun apabila tak kunjung juga hilang bisa jadi itu merupakan sebuah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  1. Peregangan Otot di Dinding Rahim

Saat haid, dinding rahim akan berkontraksi lebih aktif dalam mengeluarkan sel telur yang tidak terbuahi dan tampak seperti darah haid.

Peregangan yang terjadi dapat menekan pembuluh darah hingga memutus asupan darah dan okisgen ke dinding rahim. Kejadian inilah yang menyebabkan nyeri saat menstruasi.

  1. Adanya Penyakit Tertentu

Apabila Anda mengalami nyeri saat awal haid, jangan khawatir itu merupakan hal wajar dan umum terjadi oleh setiap wanita. Hanya saja bila sakitnya berlebihan bisa jadi karena terdapat penyakit tertentu di tubuh.

Nyeri haid terjadi karena kondisi tertentu seperti terdapatnya tumor jinak juga efek samping pemasangan kontrasepsi. Selain itu, sakit yang dialami saat menstruasi disebabkan juga oleh adanya masalah pada dinding rahim.

Nyeri yang dirasakan saat menstruasi tentunya membuat Anda kurang nyaman dalam melakukan aktivitas keseharian. Untuk mengusirnya lakukanlah beberapa cara di bawah ini:

  1. Mandi Air Hangat

Saat menstruasi kondisi fisik rasanya nano-nano. Untuk menghilangkan kram di perut tidak perlu minum obat cukup dengan mandi air hangat membuat badan Anda terasa jauh lebih ringan.

  1. Kompres Perut Dengan Air Hangat

Air hangat memiliki banyak sekali manfaat dalam membantu menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Anda cukup menaruh handuk yang telah dibasahi.

  1. Olahraga Ringan

Jangan pernah punya pandangan bahwa berolahraga merupakan hal berbahaya dilakukan saat menstruasi. Faktanya, dengan membakar lemak di tubuh ampuh menghilangkan nyeri saat haid.

Itulah beberapa pemaran singkat tentang penyebab dan cara mengatasi nyeri menstruasi. Semoga melalui artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *