August 19, 2022
copywriting adalah

Pengertian Copywriting Yang Perlu Anda Ketahui

Copywriting adalah istilah yang sering dikaitkan dengan dunia kepenulisan kreatif dan pemasaran digital saat ini. Peranan copywriting tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena peranannya sangat besar.  Copywriting sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha pemasaran digital pada saat ini. Lalu apa saja pengertian copywriting?

Pengertian Copywriting Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam suatu produk yang hendak dipromosikan atau hendak dijual maka biasanya pembuatan iklan promosi produk tersebut dibuat semenarik mungkin. Tulisan-tulisan berupa artikel mengulas tentang produk tersebut yang meliputi manfaat produk beserta kelebihannya.

Pada akhir tulisan biasanya dituliskan ajakan bagi para pembaca untuk membeli produk tersebut. Itu semua merupakan contoh dan pengertian copywriting yang dibuat oleh ahlinya yang dinamakan copywriter.

Adapun yang menjadi tugas dan pekerjaan copywriting adalah sebagai jembatan antara pihak pengiklan atau penjual dengan pihak calon pembeli  lewat konten tulisan, video, gambar, audio, dan lain sebagainya. Adapun yang diinginkan oleh pihak pengiklan atau penjual adalah produk yang diiklankannya mendapatkan banyak penjualan.

Sehingga peranan copywriting dibuat semenarik mungkin agar prospek tertarik membeli produk bersangkutan. Copywriting merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris. Sedangkan bahasa Indonesianya berarti  naskah iklan.

Pembuat naskah iklan yang dinamakan copywriter tentu pekerjaannya menjadi tidak mudah untuk membuat konten iklan yang menarik yang mampu meningkatkan pemasaran produk di masyarakat. Kemampuan seorang copywriter dalam menulis naskah iklan yang baik dibutuhkan untuk itu.

Naskah iklan yang berhasil dibuat oleh copywriter langsung dilakukan penyebarluasan lewat berbagai media massa. Seperti spanduk, baliho, koran, majalah, radio dan televisi, blog, situs dan lain sebagainya.

Semua itu dilakukan untuk tujuan komersial. Pendek kata, kegiatan copywriting bukan hanya sekedar menulis tulisan dalam bentuk artikel. Tapi bisa juga dalam bentuk lainnya yang bertujuan untuk mengajak pembelian suatu barang kepada masyarakat luas.

Penulisan copywriting yang baik memerlukan keterampilan dan pengalaman dari pembuat naskah iklan atau copywriter.  Penulisan umumnya dibuat sekreatif dan semenarik mungkin berdasarkan data referensi dari produk bersangkutan. Copywriter benar-benar bisa menghadirkan kelebihan sebuah produk yang membuat pembaca tergugah untuk membeli produk bersangkutan.

Setelah membaca copywriting maka tindakan yang diambil oleh prospek sesuai yang diinginkan oleh pihak penjual. Seperti klik tautan pemesanan ataupun mengadakan pembelian barang kepada pihak penjual.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *