December 1, 2022
bahan baku mobil listrik

Mengapa Nikel Mampu Menjadi Bahan Baku Mobil Listrik?

Bahan baku mobil listrik terdiri dari banyak sekali komponen yang mampu membentuk mobil listrik dengan sempurna. Diantaranya yaitu logam nikel yang menjadi bahan baku mobil listrik di bagian baterainya. Yang mana dengan menggunakan baterai dari logam nikel maka baterai dapat bertahan lebih lama dan lebih awet dibandingkan dengan menggunakan logam lainnya. Sehingga hal ini dapat menarik perhatian masyarakat yang mana saat ini sedang marak-maraknya menggunakan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Peluang mobil listrik di zaman sekarang ini memang cukup besar karena selain sedang ramainya sorakan untuk melakukan kegiatan yang bersifat ramah lingkungan, minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan semakin tahun semakin menipis. Padahal untuk menghasilkan minyak bumi ini memerlukan waktu jutaan bahkan miliaran tahun yang tercipta dari fosil hewan maupun tumbuhan yang tertimbun di dalam tanah. Maka dari itulah mobil listrik ini memiliki peluang yang cukup bagus di era modern ini.

Apa Itu Nikel?

Nikel merupakan salah satu unsur kimia metalik yang dijelaskan secara singkat di dalam tabel periodik yang mana Di dalam tabel tersebut unsur di bawah ini memiliki simbol Ni dengan nomor atom yaitu 28. Nikel merupakan unsur logam yang memiliki warna putih perak-perakan dengan sedikit semburat berwarna keemasan. Nike adalah salah satu logam transisi yang memiliki sifat keras dan ulet. Selain itu nikel juga memiliki bentuk murni seperti bubuk yang mana Niko murni tersebut hanya ditemukan di kerak bumi dalam jumlah yang kecil atau dijumpai di dalam meteorit besi dan siderit yang tidak terkena oksigen ketika tidak ada di lingkup atmosfer.

Nikel merupakan unsur kimia yang sering digunakan sebagai bahan baku untuk baja tahan karat, untuk perpaduan nonferrous, digunakan dalam pelapisan listrik, bahan baku pengecoran ataupun baterai untuk bahan baku mobil listrik. Adapun untuk penggunaan nikel sebagai bahan baku mobil listrik ini dapat menghasilkan baterai isi ulang yang memiliki daya tahan cukup lama dan awet.

Mengapa Nikel Mampu Menjadi Bahan Baku Mobil Listrik?

Nikel merupakan unsur kimia yang dinilai mampu untuk menjadi bahan baku mobil listrik yaitu menjadi bahan baku baterai pada mobil listrik tersebut. Nikel justru memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menjadi baterai yang paling tangguh dan paling tahan lama juga bisa tahan dalam suhu yang sangat tinggi dan baru akan habis setelah digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1000 siklus. Itupun hanya menghilangkan sebagian kecil kapasitas penyimpanan energinya.

Maka dari itu dengan menggunakan nikel menjadi salah satu komponen pembuat baterai sebagai bahan baku mobil listrik dapat mendatangkan banyak keuntungan karena karena memiliki daya tahan yang cukup lama. Sehingga mobil listrik tidak perlu bolak-balik diisi dayanya karena baterainya cukup awet dan tahan lama. Selain itu, dengan menggunakan nikel sebagai bahan baku mobil listrik maka baterai tersebut memiliki ketangguhan yang cukup baik sehingga akan awet untuk digunakan tanpa menggantinya dalam beberapa tahun ke depan.

Kesempatan Indonesia Untuk Merajai Industri Mobil Listrik Dalam Skala Global

Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk merajai industri mobil listrik dalam skala global yaitu skala internasional. Karena Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah termasuk nikelnya sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk produksi baterai yang digunakan untuk bahan baku mobil listrik.

Yang mana baterai merupakan salah satu komponen bahan baku mobil listrik yang paling penting karena hal tersebut yang mempengaruhi ketahanan mobil dan performanya. Penggunaan nikel sebagai bahan baku mobil listrik bagian baterai dapat membuat performa yang baik dengan ketahanan yang cukup baik dan sangat cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

 

Maka dengan banyaknya sumber daya alam nikel di Indonesia maka Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dalam industri mobil listrik. Sehingga menjadikan sebuah produk industri mobil dengan bahan baku industri mobil listrik yang berkualitas dan menjanjikan.

Bahan Baku Mobil Listrik Dari Nikel Untuk Performa Baterai Lebih Baik

Nikel merupakan unsur kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku mobil listrik, yang mana dengan bahan baku mobil listrik ini maka baterai mobil bisa awet dan tahan lama. Sehingga akan cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh karena memiliki performa yang hampir sama dengan bahan bakar minyak.

Nikel sebagai komponen bahan baku mobil listrik di bagian baterai mampu membuat performa baterai menjadi lebih baik dan semakin tahan lama. Nikel memiliki unsur yang membuat energi bisa lebih hemat daripada penggunaan biasa.

Bahan baku mobil listrik harus memiliki kualitas yang baik untuk menciptakan mobil listrik dengan kualitas yang baik pula. Selain itu, bahan baku mobil listrik ini harus memiliki manfaat yang sangat baik. Seperti halnya nikel yang menjadi bahan baku mobil listrik di bagian baterai, yang mana Niko mampu menjadi bahan baku mobil listrik yang dapat menyumbang performa yang super baik bagi baterai.

Bahan baku mobil listrik berupa nikel ini banyak digunakan untuk baterai mobil, karena dengan bahan baku mobil listrik ini maka baterai bisa bertahan lama. Selain itu, bahan baku mobil listrik ini juga membuat kualitas mobil lebih bagus. Jadi dengan banyaknya bahan baku mobil listrik Indonesia lebih banyak kesempatan untuk merajai industri mobil listrik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *