December 1, 2022
Jenis Jenis Investasi

Jenis-jenis Investasi dengan Modal Kecil

Peer to peer lending di Indonesia adalah salah satu jenis investasi dengan modal kecil yang bisa dicoba. Khusus untuk anda seorang investasi pemula, Anda harus mengetahui jenis-jenis investasi dengan modal kecil. Ketika menggunakan modal kecil, Anda tidak akan takut rugi, karena modal yang anda keluarkan juga tidak besar.

Apa saja jenis-jenis investasi dengan modal kecil?

Perlu diketahui lebih lanjut, bahwa pemahaman masyarakat yang berkaitan dengan investasi sedang meningkat pesat. Hal tersebut tidak lepas dari berkembangnya digitalisasi dalam segala aspek, yang didukung penuh oleh resolusi industri 4.0, yang sampai saat ini mengembangkan teknologi digital.

Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis jenis investasi untuk pemula dengan modal kecil. Tidak hanya sekedar mengetahui saja, karena anda harus memahaminya. Ketika anda memahami jenis investasi tersebut, maka anda bisa memilih investasi mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

Reksadana

Reksadana adalah salah satu jenis-jenis investasi dengan modal kecil. Saat melakukan investasi di reksadana, maka anda membuka wadah dengan pola pengelolaan modal bagi sekelompok investor. Adapun wadah tersebut digunakan untuk melakukan investasi dalam instrumen yang telah tersedia di pasar modal, dengan cara membeli unit penyertaan Reksadana dan dikelola badan hukum.

Investasi reksadana adalah investasi yang sedang ramai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Mengapa begitu? Karena investasi reksadana memberi kesempatan yang disediakan langsung oleh otoritas Jasa keuangan. Anda sebagai investor, bisa memberi modal yang sangat kecil untuk melakukan investasi.

Juga terdapat beberapa sekuritas yang menawarkan investasi reksadana sebagai pilihan investasi terbaik. Dalam melakukan investasi reksadana, terdapat manajer investasi yang sangat ahli dan profesional di bidangnya. Tentu hal tersebut bisa membuat anda mengelola dan mengalokasikan investasi sebaik mungkin, yang mana hasilnya tinggal menunggu keuntungan.

Deposito Berjangka

Jenis investasi dengan modal kecil selanjutnya adalah deposito berjangka. Adapun resiko yang dihasilkan dari investasi modal kecil ini cenderung kecil, karena deposito adalah jenis simpanan yang dijamin oleh bank. Pada dasarnya, prinsip deposito berjangka sama halnya dengan menabung.

Sebab, dalam melakukan investasi deposito berjangka, Anda menyimpan sejumlah uang dengan sejumlah aturan ketat. Adapun pengambilannya hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu yang disepakati, apabila dana tidak dicairkan dalam waktu yang disepakati maka kita mendapat denda.

Peer to peer lending

Peer to peer lending di Indonesia adalah salah satu jenis investasi dengan modal kecil. Jenis investasi ini bisa memberi pengembalian,  yang mana nominalnya cukup besar untuk anda para investor. P2p adalah skema pembiayaan yang mempertemukan pihak investor, yang mana pihak investor mempunyai modal dengan pihak peminjam yang butuh modal.

Adapun praktek kegiatan ini difasilitasi langsung oleh lembaga, juga telah mendapat persetujuan dari otoritas Jasa keuangan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir, karena seluruh transaksi yang terjadi di dalam platform p2p lending adalah transaksi yang aman dan terjamin.

Setiap investor tentu sulit menemukan instrumen investasi yang memberikan untung tinggi. Di sisi lainnya, banyak sekali calon peminjam yang sulit untuk mendapatkan dana. Sebagai salah satu dari jenis-jenis investasi, peer to peer lending di Indonesia hadir untuk mempertemukan kedua belah pihak

Kedua belah pihak ini adalah seorang investor yang sulit menemukan instrumen investasi, dan seorang peminjam yang sulit mendapatkan dana. Dengan bertemunya kedua belah pihak, tentu akan mencapai kesepakatan untuk tujuan masing-masing.

Adapun rata-rata pengembalian dari jenis investasi adalah 14-20% setiap tahunnya. Tentu pengembalian dari jenis investasi ini lebih tinggi dari bunga tabungan, ataupun deposito berjangka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *