December 1, 2022

Fungsi Manajemen dalam Sebuah Bisnis

Sangat penting memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam sebuah bisnis. Hal tersebut dapat membawa bisnis dapat terus bertahan dan bahkan berkembang. Berikut ini fungsi manajemen dalam sebuah bisnis.

 

  1. Perencanaan

Ilmu manajemen dapat membantu membuat perencanaan untuk masa depan. Perencanaan ini akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Fungsi perencanaan berguna mengevaluasi dan membantu kegiatan perusahaan yang akan dilakukan. Melalui perencanaan dapat dibuat aturan sedemikian rupa agar mencapaiĀ  tujuan bisnis.

 

  1. Pengorganisasian

Hal ini berguna untukĀ  mengkoordinasikan berbagai kegiatan bisnis atau perusahaan. Pengorganisasian sangatlah penting sehingga dapat memudahkan manajer untuk mengawasi karyawannya. Hal tersebut agar dapat menjalankan kegiatan secara efektif dan efisien.

 

  1. Kepegawaian

Fungsi ini dapat memudahkan ketika merekrut dan mempertahankan tenaga kerja, sehingga tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Semua lini kepegawaian perlu diperhatikan, baik pada tingkat manajerial maupun non-manajerial. Melalui manajemen kepegawaian, sumber daya menjadi lebih efektif dan efisien.

 

  1. Pengarahan

Hal ini berkaitan langsung dengan kepemimpinan, komunikasi, motivasi dan pengawasan. Pengarahan dimaksudkan sebagai komunikasi yang baik dan sangat diperlukan agar sistem informasi manajemen bisa diterima oleh para pekerja.

 

  1. Pengontrolan

Fungsi manajemen kontrol akan menjadi alat ukur kinerja perusahaan atau yang disebut key performance indicator, supaya tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih mudah. Fungsi pengontrolan lainnya yaitu dapat melakukan evaluasi kegiatan apa saja yang pekerja lakukan dan sesuai dengan tugas mereka.

Kamu bisa mempelajari ilmu manajemen khususnya manajemen bisnis dengan belajar di perguruan tinggi. Kamu bisa sekolah di Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia salah satunya yaitu Prasetiya Mulya. Kampus ini merupakan pelopor sekolah bisnis di Indonesia. Tempat Kuliah Manajemen Bisnis ini juga menawarkan pembelajaran berbasis proyek sehingga tak hanya mempelajari teori tetapi juga belajar mempraktekkannya secara langsung. Universitas Prasetiya Mulya bekerja sama dengan berbagai industri sehingga para mahasiswa dapat mendapatkan pembelajaran yang nyata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *