December 1, 2022

7 Oleh Oleh Khas Medan yang Cocok untuk Keluarga di Rumah

Medan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati dan memiliki jumlah wisatawan yang terus naik dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali jenis oleh oleh khas Medan yang patut dibeli, setelah selesai berlibur dari ibukota Sumatera Utara ini.

Medan tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, tapi juga terkenal dengan macam-macam makanan khasnya. Salah satu makanan khas yang paling cocok dijadikan sebagai oleh-oleh di antaranya seperti lemang, roti ganda, tempe medan, dan masih banyak lagi.

Ketika pergi membeli oleh-oleh di Medan, kalian pasti akan mendapati berbagai pilihan makanan yang tampak unik. Tidak heran jika banyak wisatawan yang membeli banyak oleh-oleh setelah berwisata dari Medan.

Oleh Oleh Khas Medan yang Patut Dicoba

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, termasuk Medan. Kalian akan menjumpai berbagai macam makanan unik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh oleh khas Medan yang patut dicoba.

1.     Roti Ganda

Oleh oleh khas Medan satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi kalian yang menempuh perjalanan jauh dari kota Medan. Roti ganda memiliki tampilan dan rasa yang agak berbeda dari jenis roti lainnya.

Tekstur roti ini sangat lembut dan ukurannya cukup besar, roti ganda biasanya disajikan dengan berbagai macam isian. Harganya sendiri cukup murah karena umumnya dijual dengan harga sekitar Rp40 ribu untuk ukuran yang besar.

2.     Risol Gogo

Oleh-oleh khas Medan halal berikutnya, yaitu risol gogo yang memiliki cita rasa berbeda dengan risol pada umumnya. Risol khas Medan ini dibuat dengan kulit yang lebih tipis  dan menggunakan tepung panir yang lebih halus.

Risol khas Medan ini terdiri dari dua varian rasa, yaitu risol gogo isi sayuran dan telur dadar serta isi daging ayam cincang. Risol ini biasanya dijual dalam kondisi matang dan mentah, jika untuk dimakan langsung sebaiknya belilah yang sudah matang.

3.     Dolung-dolung Parapat

Oleh oleh khas Medan yang satu ini merupakan camilan tradisional yang dibuat dari tepung beras. Di dalamnya diisi dengan gula aren dan kelapa parut, cara memasaknya dibungkus dengan daun bambu.

Daun bambu yang digunakan sebagai pembungkus mampu menambah cita rasanya. Akan lebih nikmat jika kalian memakannya ketika masih hangat tapi bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah sebagai pendamping saat minum kopi maupun teh.

4.     Ombus-Ombus

Oleh oleh khas Medan selanjutnya juga tidak kalah menarik, ombus-ombus adalah makanan yang terbuat dari tepung beras. Di bagian dalamnya diisi dengan dengan gula merah dan dimasak dengan cara dikukus.

Ombus-ombus merupakan kue khas Medan dari suku Batak yang banyak dijual di pasar. Orang-orang Batak biasanya menyajikan kue ini saat menggelar acara-acara besar.

5.     Tempe Medan

Makanan satu ini juga patut dicoba ketika kalian berkunjung ke Medan, tempe khas Medan memiliki rasa yang berbeda dari tempe pada umumnya. Warnanya pun terlihat lebih kuning dan menggunakan kacang kedelai berukuran besar.

Tempe ini biasanya dijual dengan ukuran yang tebal sehingga terlihat lebih besar. Setelah digoreng teksturnya  cukup renyah dan rasanya lebih gurih bila dibandingkan dengan tempe biasa.

6.     Manisan Jambu

Jenis oleh-oleh lainnya yang bisa bertahan hingga beberapa hari, yaitu manisan jambu. Makanan khas Medan ini, memiliki rasa yang segar dengan tekstur buah jambu yang renyah.

Manisan jambu khas Medan biasanya disajikan bersama dengan sambal rujak. Kalian bisa menemukan manisan ini di berbagai sudut kota Medan dengan mudah, bahkan banyak dijual di pinggir jalan.

  1. Bolu dan Lapis Stim Menara

Mau beli oleh-oleh yang lebih kekinian untuk keluarga di rumah? Bolu Menara bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, karena terdiri dari berbagai pilihan rasa yang pas di lidah masyarakat Indonesia. Ada rasa Red Velvet, Pandan Durian, Keju, Pandan Srikaya, kacang teng teng, dan masih banyak lagi.

Oleh oleh khas Medan satu ini terdiri dari dua jenis, yaitu Bolu Stim dan lapis Stim. Dua-duanya sama-sama enak dan tersedia dalam pilihan rasa yang kekinian. Jadi, sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sahabat, teman, kerabat, dan keluarga di rumah.

Untuk harga sangatlah terjangkau, produk Bolu ditawarkan dengan harga Rp45 ribu per kotak dan Lapis Menara dengan harga Rp37 ribu per kotaknya. Bolu dan Lapis Stim Menara bisa dibeli melalui Toko Resmi Bolu Stim Menara atau melalui 25 Mitra Resmi yang tersebar di seluruh Kota Medan nih, Sobat Pojokata. Informasi lebih lanjut bisa hubungi CS Order di 0811-1911-5002, OJOL, atau lewat Official Marketplace Bolu dan Lapis Stim Menara di bawah ini ya:

  • Website resmi: https://bolumenara.co.id
  • Shopee: https://shopee.co.id/bolumenaramedan
  • Tokopedia: https://tokopedia.com/bolumenaramedan

Yuk berkunjung ke Medan 😊

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *