December 1, 2022

Mengenal Omnichannel: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Bagi Online Seller

Berdagang dengan menggunakan kecanggihan teknologi online sudah menjadi pilihan dari berbagai generasi. Sekalipun berdagang dengan menggunakan kecanggihan teknologi online atau yang kerap disebut dengan toko online sudah menjadi hal yang umum dibicarakan dan dilakukan, namun tidak banyak yang mengetahui alat bantu jualan para star seller di toko online yang dikenal dengan omnichannel. Omni channel adalah apa, ya?

 

Jadi, omni channel sudah menjadi pilihan beberapa pedagang cerdas dalam memangkas biaya operasional dalam menjalankan usaha dagang online di toko online marketplace di Indonesia.

 

Sebelum membahas lebih jauh, simak penjelasan lengkap untuk menjawab pertanyaan apa itu omni channel di mulai dari pengertian omni channel di sini!

 

Apa yang Dimaksud dengan Omnichannel? 

Dalam pengertiannya, kata omnichannel terdiri dari 2 kata yaitu omni dan channel. Omni sendiri memiliki arti universal sedangkan Channel berarti saluran. Dalam hal ini jika kedua kata tersebut digabungkan dapat memiliki arti saluran komunikasi universal di dalam satu wadah aplikasi antar muka yang sama. 

 

Omnichannel merupakan strategi lanjutan dari multichannel yang dimana penggunanya bisa mengetahui suatu perkembangan bisnis secara realtime dan berbagai saluran sekaligus dalam satu wadah yang sama.

 

Kesimpulannya, omni channel adalah sebuah platform yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran marketplace di Indonesia yang akan digabungkan menjadi satu sistem manajemen dengan tujuan meningkatkan kepuasan dan pengalaman pembeli di toko Anda.

 

Peran dan Tantangan Omni Channel

Sehubungan dengan teknologi Omni Channel yang masih belum begitu lama beredar di Indonesia, Omnichannel tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan perannya di dunia bisnis perdagangan toko online di Marketplace Indonesia.

 

Apakah Menggunakan Omni Channel Sangatlah Penting?

 

Persaingan yang ketat membuat para pedagang online harus mengadu kecepatan dalam hal apapun. Dengan logika dan pemikiran yang terbuka tersebut maka penggunaan omni channel adalah sangat penting untuk meningkatkan penjualan dalam persaingan.

 

Pada umumnya dengan mengintegrasikan berbagai saluran toko online di Marketplace Indonesia dengan Omni Channel seperti HiToko akan mempercepat operasional dan kinerja Anda dalam berjualan.

 

Selain itu, terdapat beberapa keuntungan yang menjadikan omni channel sangat penting bagi bisnis Anda, yaitu:

  • Mengukur tingkat kepuasan pelanggan.
  • Mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan pelayanan.
  • Menciptakan loyalitas pelanggan yang berkelanjutan.
  • Menciptakan brand experience yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Mengoptimalkan produktivitas agent dan karyawan.
  • Menyelaraskan tujuan perusahaan dan karyawan.

 

Mengapa Strategi Omni Channel Bisa Berhasil?

Strategi penjualan dengan menggunakan sistem omnichannel bisa berhasil dikarenakan beberapa hal namun terfokus pada operasional. Sama halnya seperti Bisnis Ritel, penjualan di toko online Marketplace Indonesia seperti contoh Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.ID dan Blibli, bisa dikategorikan juga sebagai salah satu bisnis ritel yang menggunakan strategi penjualan online.

 

Perlu diketahui dalam menjalankan bisnis ritel, faktor operasional adalah salah satu faktor yang paling utama dalam meningkatkan penjualan. Dengan mengintegrasikan toko online Anda di platform Omnichannel HiToko, Anda akan menikmati layanan kemudahan dalam meningkatkan kinerja operasional toko online Anda. 

 

Untuk memperdalam pengetahuan Anda dalam menggunakan omni channel marketing, yuk, mengenal lebih dalam lagi mengenai omnichannel sebelum membahas fitur-fitur fitur HiToko yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan penjualan terhadap bisnis online Anda.

 

Apa Perbedaan Omni-Channel dengan Multi-Channel?

  • Omnichannel dan Multi-Channel sama sama menggunakan teknologi dalam pengembangan bisnisnya. Namun Multi-Channel adalah generasi yang lebih seniornya atau bisa juga dikatakan yang lebih tua.
  • Multi-Channel awalnya merujuk pada kampanye pemasaran yang menggunakan media-media seperti media cetak (surat kabar dan majalah), media radio, media televisi, dan media telemarketing. Dinamakan Multi-Channel dikarenakan berbagai saluran yang dijalankan sekaligus.
  • Omnichannel sendiri tidak menggunakan pengembangan bisnis seperti Multi-channel. Omnichannel justru menyempurnakan multi-channel dengan menggabungkan saluran-saluran penjualan yang tersedia sehingga tidak mengubah kondisi marketplace itu sendiri. Omnichannel bisa juga dikatakan gerbang atau pintu yang menghubungkan ke channel-channel atau saluran-saluran penjualan yang ada.

 

Kenapa Faktor CRM Menjadi Operasi Omnichannel?

Omnichannel bisa membantu mengoptimalkan pengalaman pelanggan sehingga pelanggan bisa membantu meningkatkan kepuasan dalam setiap langkah berbelanja hingga pelanggan itu melakukan transaksi kembali suatu hari nanti.

Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan tersebut yang menjadi prioritas selain dari profit adalah ulasan dan data pelanggan tersebut yang dimana nantinya akan menjadi pertimbangan untuk mengevaluasi kembali demi meningkatkan perkembangan bisnisnya.

Manfaat Omnichannel HiToko

 

Menggunakan platform Omnichannel Genie adalah salah satu cara pintar yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda meningkatkan kepuasan Anda sebagai penjual atau pedagang dan sekaligus juga meningkatkan kepuasan pembeli dalam melakukan transaksi di toko online Anda.

 

Setelah mengetahui apa itu faktor CRM dan operasi omnichannel, Anda perlu mengetahui beberapa manfaat Omnichannel HiToko yang bisa dijadikan sebagai alasan kuat untuk menggunakannya, yaitu:

  • Memusatkan semua operasi toko di satu tempat untuk menghemat 80% waktu.
  • Mengelola SKU, pesanan, stok, dan pelanggan lebih mudah dan cepat melalui satu sistem.
  • Berfokus untuk meningkatkan penjualan dan membantu mengelola toko online.

 

Pentingnya Omnichannel HiToko Bagi Bisnis Ritel

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya penjual atau pedagang toko online sebenarnya juga adalah termasuk bagian dari Bisnis Ritel juga. Bisnis Ritel mengAndalkan kecepatan dan ketepatan dalam operasionalnya. Sehingga, hal inilah yang menjadi alasan Omnichannel HiToko menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis ritel Anda.

 

Singkatnya, daripada ribet-ribet mengubah stok setiap kali ada penjualan di satu marketplace ke marketplace lain. Integrasikan saja langsung produk tersebut. Terjual di Tokopedia? Stoknya juga akan otomatis terpotong di marketplace lainnya seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, JD.ID asalkan produk tersebut sudah di sambungkan SKU nya. Anti ribet, deh, pokoknya!

 

HiToko Pilihan Omni Channel Terbaik

Omnichannel memang membantu Anda untuk berjualan di marketplace yang ada di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Omnichannel terbaik untuk toko online.

 

Sedang mencari omni channel terbaik? Ya, jelas HiToko Omnichannel, dong! Faktanya fitur andalan dari lini bisnis HiToko Indonesia ini bisa meningkatkan penjualan Anda, lho! Semua kebutuhan dan urusan toko Anda bisa jadi lebih mudah, mulai dari manajemen pesanan, toko, hingga pembuatan laporan penjualan bisa diatur dalam satu dashboard saja.

 

Yuk, daftar di HiToko sekarang! Tersedia berbagai fitur lengkap yang terhubung dengan mudah, lho! Jika Anda tertarik bergabung, HiToko memberikan fitur yang banyak dan rasakan beragam kemudahan dalam berbisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *