June 21, 2024

Tips Jitu Bangun Rumah saat Perekonomian Sulit

Perekonomian menjadi tolak ukur keberhasilan membangun rumah, saat perekonomian sulit banyak orang yang bermimpi memiliki rumah kandas karena tak bisa mengatur keuangan. Padahal, Anda bisa membangun rumah dengan mengumpulkan bahan bangunan terlebih dahulu.

 

Saat memiliki uang, Anda bisa membeli salah satu material konstruksi karena tak akan basi. Misalnya, bulan ini membeli batu bata kisaran 5000 buah atau disesuaikan dengan jumlah uang Anda. Barulah, beberapa bulan berikutnya membeli material lain.

Tips Bangun Rumah Minim Modal

Walaupun terlihat berat, tetapi impian memiliki rumah bisa terwujud walaupun modalnya minim. Berikut ada tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1.    Menyediakan Tanah untuk Membangun Rumah

Poin utama mendirikan rumah adalah sebidang tanah, Anda bisa menyediakan tanah terlebih dahulu sebelum mulai membangun rumah. Banyak cara menyediakan tanah, misalnya dengan cara menabung dan setelah tabungan mencukupi harga tanah bisa dibeli.

 

Tak perlu membeli tanah yang luas karena membutuhkan banyak uang. Anda bisa membeli tanah kavling karena harganya kompetitif, bahkan bisa dicicil sesuai dengan persyaratan yang ditentukan pemilik tanah.

2.    Memilih Desain Rumah Minimalis

Desain rumah memang beragam dan bisa dipilih sesuai selera, tetapi setiap model rumah membutuhkan budget yang berbeda. Bahkan ada yang membutuhkan puluhan juta, tetapi desain rumah minimalis bisa dipilih karena cocok untuk modal minim. Alasanya karena desain minimalis bisa dibentuk untuk rumah kecil, sedang sampai besar.

3.    Menggunakan Material harga Kompetitif

Membangun rumah membutuhkan material bangunan yang beragam dan harus lengkap agar konstruksi bangunan rumah bisa di bangun sempurna. Sebagian orang mengeluh karena harga material yang semakin naik, alhasil menjadi kendala masyarakat yang perekonomiannya pas-pasan.

 

Padahal, Anda bisa membangun rumah menggunakan material yang harganya kompetitif. Carilah informasi penjual material yang menyediakan bahan bangunan harga terjangkau, Anda pun bisa membeli satu sampai beberapa bahan bangunan sampai tanggal pembangunan rumah tiba.

4.    Menggunakan Material Bekas

Banyak orang memilih menggunakan kembali material bekas yang masih layak pakai untuk membangun rumah, hal tersebut bisa dilakukan jika Anda merenovasi rumah maupun ada keluarga yang memiliki material bekas dan layak pakai.

 

Cara tersebut bisa dilakukan karena bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Banyak material bekas yang bisa dipilih, misalnya batako, besi, genteng dan lainnya.

5.    Menggunakan Jasa Tukang Bangunan Sistem Borongan

Membangun rumah membutuhkan jasa tukang bangunan agar rumah idaman Anda bisa terwujud. Saat keuangan minim, Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang menerima sistem borongan. Hal tersebut membuat biaya lebih hemat, bahkan Anda tak harus mengawasi pekerjaan mereka sepanjang hari.

 

Tetapi perlu diingat, carilah pekerja yang kompeten dan terbiasa bekerja dengan sistem borongan agar mereka tetap giat bekerja sepanjang hari.

 

Mewujudkan rumah impian membutuhkan bahan bangunan yang lengkap, di antara banyaknya material bangunan bisa memilih SCG smart block atau biasa disebut bata ringan. Material tersebut bisa digunakan untuk interior rumah maupun exterior yang menjamin kekokohan rumah Anda karena kuat menahan beban. SCG smart block juga membuat hunian Anda aman dan tetap sejuk.

 

SCG smart block memiliki ketebalan 7,5 dengan berat 5.85. Untuk dimensinya 20x60x7,5 cm dengan satuan PxLxT. Material tersebut mampu mengurangi perpindahan panas mencapai 10 x lebih maksimal dibanding beton biasa. Hal tersebut mampu menghemat beban listrik rumah Anda mencapai 30 %. SCG smart block juga menjamin kenyamanan Anda dan keluarga berkat aplikasi acoustical superior yang bisa meredam suara dari luar.

 

Tak hanya itu, SCG smart block bahkan menyerap tekanan selama gempa dengan baik sehingga membuat rumah Anda seperti rumah anti gempa. Pastinya bisa menahan api 2 sampai 4 kali lebih lama dan membuat pengerjaan rumah lebih cepat. Sejatinya, masih banyak keunggulan yang dimiliki SCG smart block, Anda bisa mengunjungi website resminya di https://scgbm.id/ untuk informasi lengkapnya.

 

Sumber:

https://www.ranahsolusi.web.id/2019/02/tips-dan-cara-membangun-rumah-dengan-modal-kecil.html?m=1

https://eticon.co.id/tips-hemat-membangun-rumah/

https://www.99.co/blog/indonesia/membangun-rumah-dengan-biaya-20-juta/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *