December 1, 2022
beberapa penyebab diare

Inilah 6 Penyebab Diare yang Perlu Diketahui

Ketika mengalami diare, hal pertama yang dicurigai adalah karena keracunan makanan. Mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan kuman memang merupakan salah satu penyebab mengalami diare yang paling umum. Sehingga apabila seseorang mengalami diare, biasanya akan langsung berpikir karena salah makan atau mengkonsumsi makanan yang kurang higienis. Padahal diare bisa disebabkan oleh banyak hal tidak hanya karena makanan yang dikonsumsi. Dimana beberapa penyebab diare yang perlu diketahui dan diwaspadai adalah:

 

1. Infeksi

Penyebab pertama mengapa seseorang bisa mengalami diare adalah karena infeksi. Hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Virus yang dapat menyebabkan diare adalah norovirus, hepatitis A, dan rotavirus. Apabila mengalami diare yang disebabkan oleh infeksi virus ini tidak akan membuat kondisi yang berbeda dan dapat sembuh dengan mudah dalam 2 hingga 3 hari. Infeksi yang dapat menyebabkan diare lainnya juga karena bakteri dan parasit. Seperti karena terkontaminasi dengan kuman E.coli, salmonela, dan shigella. Sedangkan untuk parasit yang menyebabkan diare adalah Giardia lamblia dan cryptosporidium. Penyebab ini akan membutuhkan pengobatan dengan menggunakan antibiotik dan dapat bertahan lebih dari 3 hari.

 

2. Intoleransi laktosa

Penyebab selanjutnya mengapa bisa mengalami diare adalah intoleransi laktosa. Laktosa sendiri merupakan jenis gula yang terdapat pada produk susu dan produk olahannya. Laktosa membutuhkan enzim laktase untuk dapat membuatnya dicerna di dalam tubuh. Bagi yang tidak mempunyai enzim laktase tersebut tentu saja akan tidak dapat mencernanya dengan baik, sehingga bisa membuat gangguan pencernaan. Bagi yang mempunyai intoleransi laktosa dapat mengalami perut kembung hingga diare. Sehingga bagi yang mempunyai intoleransi laktosa bisa menghindari susu dan produk olahannya agar tidak menyebabkan diare.

 

3. Efek obat yang dikonsumsi

Penyebab mengalami diare yang ketiga adalah karena mengkonsumsi obat tertentu. Seperti beberapa obat yang dapat menyebabkan diare adalah obat untuk penurun tekanan darah, obat kemoterapi, obat antiaritmia, antasida, dan obat antiinflamasi nonsteroid. Akan tetapi untuk jenis obat yang paling umum membuat efek samping diare adalah obat antibiotik. Obat tersebut dapat membunuh bakteri jahat di susu yang membuat ketidakseimbangan bakteri alami yang tersisa di dalamnya.

 

4. Radang usus

Penyebab diare lainnya adalah ketika mempunyai kondisi penyakit tertentu. Seperti misalnya apabila mempunyai radang usus yang akan membuat diare yang dialami dapat berlangsung lebih lama. Hal tersebut karena penyakit ini membuat penderitanya mempunyai luka yang ada di dinding usus. Sehingga akan membuat pencernaan menjadi lebih terganggu dan membuat diare yang dialami menjadi lebih parah. Oleh karena itulah bagi penderita radang usus akan mempunyai diare yang berlangsung lebih lama.

 

5. Setelah operasi

Penyebab mengapa bisa mengalami diare lainnya adalah karena operasi. Bagi yang telah melakukan operasi saluran pencernaan juga akan lebih mudah untuk mengalami diare. Hal tersebut karena saluran pencernaan belum pulih dengan sempurna setelah operasi, sehingga membuat pencernaan belum berjalan normal seperti biasanya dan membuat masalah gangguan pencernaan seperti diare.

 

6. Gangguan hormon

Hal terakhir yang menyebabkan mengalami diare adalah karena gangguan hormon. Apabila mengalami peningkatan kadar hormon dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih aktif. Hormon tiroid tersebut yang membuat adanya gangguan pencernaan seperti diare. Karena mempunyai pergerakan usus yang aktif tersebut membuat frekuensi buang air besar menjadi lebih sering dibandingkan biasanya. Masalah diare yang dialami karena gangguan hormon ini biasanya juga dapat dialami oleh ibu hamil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *