May 12, 2021
anak sakit perut

Cara Alami Mengobati Anak Sakit Perut

Apabila sakit perut pada anak tidak segera diatasi, maka akan banyak sekali dampak yang dirasakan oleh anak. Baik dari pola makan, perubahan suasana hati pada anak hingga gangguan tidur.

Kondisi sakit perut pada anak harus segera diatasi sedini mungkin. Anak sakit perut dapat disebabkan karena beberapa alasan, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang penuh dengan bakteri atau tidak higienis.  Oleh sebab itu, anak sakit perut harus segera diatasi agar kondisi anak cepat prima dan agar kesehatan anak kembali seperti sedia kala serta dapat beraktivitas dengan normal.

Penyebab anak sakit perut pun bervariasi, dimulai dari akibat mengkonsumsi jenis makanan tertentu, alergi makanan, serta gangguan pencernaan hingga tingkat stress yang dialami oleh anak. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut anak, meliputi :

Apa Saja Cara Alami yang Dapat Dilakukan untuk Mengobati Anak Sakit Perut?

 

  1. Mengkompres Hangat Perut Anak atau Memberinya Teh Chamomile

Cara paling aman yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut pada anak adalah dengan mengkompres daerah abdomen menggunakan air hangat. Cara tersebut merupakan salah satu cara yang tidak menyebabkan efek samping pada anak, dan ini merupakan cara yang efektif dan aman.

Namun, Anda harus memperhatikan suhu air yang digunakan, pastikan air yang digunakan itu hangat bukan panas. Rasa sakit yang dialami oleh anak akan mereda jika air yang dipakai adalah air hangat.

Salah satu cara alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengompres anak adalah teh chamomile. Ini merupakan teh herbal yang pas untuk menjadi minuman pembantu redakan rasa sakit perut anak. Teh chamomile bersifat anti inflamasi dan obat penenang yang biasa digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

  1. Yoghurt atau Buah Pepaya

Probiotik tinggi yang terdapat pada yogurt baik untuk mengatasi rasa sakit perut pada anak. Hal ini disebabkan karena yogurt sendiri memiliki kandungan bakteri baik dan amat mampu untuk meringankan gangguan pencernaan, kembung dan rasa sakit perut.

Dengan mengkonsumsi yogurt, maka sistem imunitas pada tubuh anak juga akan meningkat.  Cara mengatasi anak sakit perut lainnya adalah menganjurkannya untuk mengkonsumsi buah pepaya, apalagi jika penyebab anak sakit perut adalah sembelit atau konstipasi.

Kandungan enzim papain dan chymopapain yang terdapat pada buah pepaya membantu untuk menurunkan tingkat keasaman dalam perut dan berguna untuk memecah protein. Buah pepaya ini adalah buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pencernaan.

  1. Berikan Makanan Tawar atau Minim Rasa dan Berikan Air Jahe

Kondisi sakit perut pada anak akan memburuk apabila mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat campuran bumbu berbau kuat. Ibu sebaiknya memberikan pilihan makanan yang tidak mempunyai rasa cukup kuat.

Contoh makanan tersebut adalah oatmeal, roti tawar atau pasta. Lambung tidak akan mudah iritasi apabila makanan yang dikonsumsi tawar, tubuh juga lebih mudah mencerna makanan tawar.

Meminum air jahe merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi Anak Sakit Perut. Karena kandungan dalam jahe mampu menurunkan produksi radikal bebas, jahe juga bersifat sebagai antiinflamasi yang akan membuat gejala sakit perut pada anak mereda. Dengan meminum air jahe juga membantu menurunkan gejala mual yang dialami oleh anak. Hal ini efektif agar anak tidak merasakan sakit perut terlalu lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *