January 16, 2021
Vitamin B Complex

Apa saja Manfaat dari Vitamin B Complex?

Vitamin B complex merupakan kumpulan dari berbagai macam kelompok vitamin B seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folat) dan B12 (cobalamin) dengan fungsinya masing-masing.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Tubuh

Secara umum, vitamin B complex berperan penting pada berbagai macam fungsi tubuh seperti produksi hormon, energi kolesterol serta memelihara organ otak pencernaan, saraf, mata dan lain-lainnya. Berikut manfaat vitamin B complex untuk kesehatan tubuh:

  1. Menunjang Kesehatan Otak

Manfaat pertama dari vitamin B complex ialah mampu menunjang kesehatan pada otak. Banyak para mengklaim bahwa, dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan atau sejenis suplemen seperti pyfa health yang mengandung vitamin B complex sangat bagus untuk otak.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B complex dan dikonsumsi secara terus menerus atau setiap hari. Hal semacam ini memang sangat membantu dalam mengoptimalkan kerja otak serta fungsi neurologis dan fisiologis hingga mencegah penyakit parkinson.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat lain dari mengonsumsi vitamin B complex yang tidak boleh dilewatkan adalah membantu pencegahan penyakit kanker kulit terutama melanoma. Tak hanya mencegah, vitamin B complex juga sangat efektif pada penyembuhan dan melawan penyakit kanker.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang berkembang pada bagian melanosit, sel pigmen dengan fungsi sebagai penghasil melanin dimana tugasnya adalah menyerap sinar ultraviolet. Mengkonsumsi vitamin B complex merupakan salah satu cara sederhana untuk mencegah penyakit tersebut.

  1. Mengurangi Gejala Stres

Para ahli mengklaim dari hasil penelitiannya bahwa vitamin B complex tidak hanya bermanfaat dalam mencegah serta mengobati penyakit-penyakit berat saja, melainkan mampu mengurangi gejala stress hingga tingkatan depresi serta memperbaiki suasana hati.

Vitamin B complex bukan salah satu obat yang berguna untuk mengobati gangguan mental, namun manfaatnya mampu membantu mengurangi gejala stress, kecemasan dan sebagainya. Biasanya vitamin B complex diberikan bersama obat-obatan gangguan mental.

  1. Mencegah Migrain

Manfaat selanjutnya yang diberikan oleh vitamin B complex adalah mampu mencegah migrain. Hal tersebut diklaim oleh para ahli peran vitamin B complex terutama B2, B6, B9 serta B12 sangat membantu dalam pencegahan sakit kepala.

Vitamin B complex bekerja untuk mempengaruhi disfungsi dari mitokondria di tingkat sel. Hal tersebut membuat frekuensi migrain dapat menjadi berkurang sangat signifikan. Dengan sifatnya yang larut air, sehingga vitamin B complex tidak bisa disimpan dalam tubuh, oleh sebab itu dikonsumsi secara rutin.

  1. Meringankan Gejala PMS

Untuk manfaat yang satu itu sangat harus diketahui oleh para wanita, karena umumnya gejala PMS sangatlah mempengaruhi kondisi tubuh sehingga membuat tidak nyaman dan menimbulkan berbagai macam rasa sakit pada seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi Vitamin B complex dapat bermanfaat dalam meringankan gejala sindrom pramenstruasi atau PMS terutama pada kandungan B6 sangat efektif dalam menangani masalah para kaum hawa ketika mulai merasakan PMS.

  1. Mempercepat Penyembuhan Sariawan dan Luka

Mungkin manfaat dari vitamin B complex satu ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Selain berfungsi dalam mencegah kanker kulit, meringankan gejala PMS, Mengurangi rasa stress dan depresi serti mengobati migrain, vitamin B complex juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka.

Sejumlah penelitian laboratorium mengklaim bahwa vitamin B complex memiliki potensi yang bermanfaat digunakan untuk penyembuhan luka terutama pada orang dengan penyakit diabetes. Selain itu juga bisa mengurangi rasa nyeri ketika sedang sariawan.

Itulah tadi pembahasan mengenai manfaat-manfaat dari vitamin B complex bagi tubuh. Kini sudah banyak suplemen yang mengandung vitamin B complex sehingga tidak perlu bingung ketika ingin mengkonsumsinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *