June 26, 2024
cara mengirim paket dari luar negeri ke indonesia

3 Cara Tepat untuk Mengirim Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia

Saat ini aktivitas perdagangan sudah sangat luas, anda tidak hanya bisa membeli barang dari suatu pulau ke pulau lain di Indonesia, melainkan juga bisa membeli barang dari luar negeri seperti misalnya Korea, Amerika ataupun misalnya negara Jepang.

 

Perdagangan antar negara dilakukan ketika kita membutuhkan barang-barang dalam jumlah besar ataupun barang dalam jumlah kecil yang memang produknya tidak tersedia di negara Indonesia.

 

Lalu sebetulnya langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan ketika kita ingin membeli barang dari luar negeri dan mengirimkannya ke alamat kita yang ada di Indonesia. Nah berikut ini adalah langkah-langkah cara mengirim paket dari luar negeri ke Indonesia atau misalnya cara import barang dari Jepang.

Bagaimana Cara Mengirim Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia?

 

  1. Melakukan Transaksi

 

Pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah melakukan transaksi pembelian barang dengan supplier Anda yang ada di luar negeri, anda dapat mencarinya di situs marketplace yang mereka miliki ataupun dengan cara-cara lainnya.

 

Setelah anda mendapatkan kesepakatan harga dengan mereka, barulah anda mencari jasa jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman dari Jepang ke Indonesia.

 

Untuk mencarinya Anda dapat menggunakan internet ataupun meminta rekomendasi rekomendasi jasa pengiriman pada teman-teman anda yang telah melakukan hal serupa.

 

  1. Menggunakan Jasa Pengiriman

 

Setelah anda menemukan jasa pengiriman yang dianggap cocok nantinya anda bisa berkonsultasi dengan mereka tentang hal-hal yang harus disiapkan untuk melakukan pengiriman dari negara tersebut ke alamat kita di Indonesia.

 

Nantinya mereka akan meminta dokumen-dokumen tertentu termasuk misalnya seperti packing list, ini digunakan untuk memudahkan mereka melakukan perhitungan estimasi pembiayaan ataupun ongkir.

 

Dalam dokumen tersebut biasanya ada keterangan berupa Berapa volume barang yang akan dikirimkan, ini akan memudahkan pihak jasa  untuk melakukan perhitungan dan menetapkan ongkir berdasarkan volume barang-barang yang akan dikirimkan tersebut.

 

  1. Komunikasi 3 Arah

Untuk selanjutnya, anda mungkin akan banyak melakukan komunikasi baik dengan pihak supplier ataupun dengan pihak jasa. Jika anda belum terbiasa mungkin anda akan merasa ribed apalagi jika tidak mengetahui istilah-istilah yang nanti digunakan.

 

Maka dari itu sebelum melakukan import barang, ada baiknya anda belajar terlebih dahulu tentang import barang, baik secara mandiri ataupun dengan mengikuti workshop-workshop tentang ekspor impor.

 

Dengan seperti itu diharapkan anda tidak terlalu blank dan sudah mengetahui tentang alur pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Selain itu, jika anda menginginkan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, setidaknya anda harus bisa mengerti bahasa Inggris.

Karena mau tidak mau nanti anda harus melakukan komunikasi dengan pihak mereka jika barang yang dikirimkan berjumlah banyak. Ini tentu saja berbeda jika anda ingin membeli barang dari luar negeri dalam jumlah kecil yang anda beli melalui marketplace.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *