May 12, 2021
asuransi kanker

Mengenal Definisi dan Manfaat dari Asuransi Proteksi Kanker

Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tua, muda, sehat, sakit, kaya, miskin, kanker bisa menyerang kapan pun tanpa pandang bulu. Atas alasan inilah, banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan diri dengan asuransi kanker. Asuransi proteksi kanker biasanya merupakan benefit tambahan pada asuransi kesehatan yang sudah ada. Dengan begitu, Anda bisa membeli asuransi proteksi kanker sebagai tambahan dari polis asuransi kesehatan biasa. Tujuan dari jenis asuransi yang satu ini adalah untuk memitigasi atau mengantisipasi biaya perawatan kanker, yang jumlahnya tentu tidaklah kecil.

Apabila Anda memang memiliki risiko kanker – terutama karena riwayat keluarga atau faktor genetik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya – Anda sangat dianjurkan untuk membeli asuransi proteksi kanker. Pasalnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan asuransi proteksi kanker selama Anda belum mengidap penyakit ini.

 

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Proteksi Kanker?

Asuransi proteksi kanker bekerja secara bersamaan dengan produk asuransi kesehatan yang Anda punya. Polis asuransi proteksi kanker merupakan polis tambahan yang biasanya dibayar secara bulanan. Asuransi kesehatan pada umumnya tidak bisa menanggung seluruh biaya terkait dengan diagnosis kanker, untuk itu adanya asuransi proteksi kanker akan sangat membantu dalam meringankan beban finansial Anda. Dengan demikian, asuransi proteksi kanker dapat bekerja sebagai cadangan apabila polis asuransi kesehatan utama Anda tidak bisa menanggung biaya-biaya tertentu terkait diagnosis kanker.

Biasanya, biaya-biaya yang dapat ditanggung oleh asuransi proteksi kanker meliputi:

  • Prosedur, perawatan, dan tes terkait kanker.
  • Kunjungan dan konsultasi dengan spesialis kanker, termasuk yang ada di luar jaringan rumah sakit perusahaan asuransi sekalipun.
  • Biaya rawat inap di rumah sakit dalam jangka panjang.
  • Perawatan anak bagi orang tua dengan kanker.
  • Biaya terkait dengan dietary atau pengaturan pola makan karena kanker.
  • Biaya perjalanan dan penginapan untuk perawatan kanker jarak jauh, misal harus ke luar kota untuk menemui spesialis yang tidak ada di kota domisili.

Dengan demikian, asuransi proteksi kanker bukanlah sebuah polis asuransi kesehatan yang menyeluruh. Sesuai dengan namanya, asuransi proteksi kanker hanya fokus pada perlindungan dan pertanggungan untuk diagnosis kanker secara spesifik.

Sementara itu, tidak semua produk asuransi kesehatan dapat menanggung diagnosis kanker, maupun obat-obatan yang diresepkan dokter, rawat inap untuk periode yang panjang, dan biaya-biaya terkait lainnya. Oleh karena alasan itulah asuransi proteksi kanker akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki risiko kanker, meskipun Anda saat ini masih dalam kondisi sehat sekalipun.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *