September 21, 2021
Promag.id. Mengenal Gejala Gerd

Inilah Daftar Bahan Alami yang Ampuh Atasi Gejala GERD

Penyakit GERD adalah sebuah kondisi yang kerap kali dialami oleh masyarakat, apalagi mereka yang memiliki pola makan tidak sehat. Hal ini disebabkan karena otot pada bagian kerongkongan bawah atau sfingter esofagus melemah. Akibatnya isi lambung dapat naik ke bagian kerongkongan, tentunya disertai dengan asam lambung sehingga menyebabkan sensasi seperti terbakar pada area tersebut. Lebih parah lagi hal ini bisa memicu terjadinya iritasi kerongkongan jika dibiarkan secara terus-menerus dalam jangka waktu lama.

 

Penting sekali memang dalam mengenali gejala GERD ini sehingga nantinya pengobatan juga dapat dilakukan sedini mungkin. Patut untuk diketahui bahwa jika seandainya penyakit yang satu ini tidak segera Anda obati, maka dampaknya juga sangat fatal. Mengingat ia beresiko menyebabkan terjadinya komplikasi dengan gangguan kesehatan lain yang lebih serius, sebut saja diantaranya adalah resiko terkena kanker esofagus. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan.

 

Pada dasarnya pengobatan untuk mengatasi GERD ini juga sangat beragam, tak hanya dengan mengandalkan obat-obatan yang berasal dari dokter saja. Karena nyatanya Anda bisa mengobati penyakit tersebut dengan memakai bahan-bahan alami yang sangat mudah dijumpai di pasaran, diantaranya adalah:

 

  1. Akar manis, lebih populer dengan nama licorice, bahan yang satu ini memiliki kandungan yang mampu untuk meredakan rasa nyeri pada bagian ulu hati. Belum lagi dengan kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dan juga anti radang di dalamnya. Pastinya secara ampuh dapat mencegah terjadinya luka yang disebabkan oleh iritasi karena asam lambung tersebut. Anda bisa menggunakannya sebagai pengobatan GERD.
  2. Jahe, tentunya bukan hal yang sulit untuk menjumpai bahan alami yang satu ini, jahe ini memang dikenal kaya akan senyawa aktif yang bagus untuk kesehatan. Ia mampu untuk mengatasi perut kembung, mual dan beberapa gejala masalah pencernaan yang lainnya. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diseduh menggunakan air hangat, maupun langsung dimakan ketika masih mentah.
  3. Akar marshmallow, selanjutnya adalah akar marshmallow yang diperkaya dengan berbagai macam kandungan bagus, diantaranya adalah dapat meredakan luka yang terjadi pada lambung maupun kerongkongan, juga dapat mengatasi infeksi bakteri, bagus juga digunakan untuk melindungi dinding lambung. Bahkan selain bagus untuk lambung, ia juga ampuh mengatasi masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan.
  4. Teh chamomile, salah satu jenis teh yang bagus untuk kesehatan, apalagi ia juga memiliki efek relaksasi. Dengan mengonsumsi teh yang satu ini maka bagus sekali untuk meredakan rasa nyeri perut dan juga bagian ulu hati, mual bahkan juga muntah. Anda dapat mengonsumsinya secara mudah yaitu dengan cara diseduh menggunakan air hangat, jika ingin lebih terasa maka bisa sedikit menambahkan madu ke dalamnya, madu ini akan menambah rasa manis alami dalam teh, konsumsi secara rutin setiap hari.

 

Adapun juga beberapa jenis obat di pasaran yang bisa secara aktif meredakan gejala GERD ini hanya dalam hitungan menit, seperti diantaranya adalah jenis antasida yang bisa Anda dapatkan secara mudah di pasaran. Memang ada baiknya tidak meremehkan penyakit tersebut, meskipun mungkin Anda tidak merasakan gejalanya secara signifikan, karena jika dibiarkan berlarut-larut iritasi yang dialami oleh organ dalam ini akan semakin parah, tak jarang diantaranya yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Tentunya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Sehingga harus diobati secepat mungkin.

Referensi:

Web MD. Complications of Heartburn and GERD. Diakses pada 2020.

Promag.id. Mengenal Gejala Gerd. Diakses pada 2021.

Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). Diakses pada 2021.

Medical News Today. Everything You Need to Know About GERD. Diakses pada 2021.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *