January 16, 2021
Forum SehatQ

Tips Hidup Sehat Ala SehatQ

Mempunyai tubuh dan jiwa yang sehat adalah impian semua orang. Pasalnya, tanpa hal tersebut segala aktivitas Anda tentunya akan terganggu, sehingga menjadikan tidak produktif dalam kehidupan bersosial. Bukan tidak mungkin, juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit.

Tips Menarik Mengatur Pola Hidup Sehat Ala SehatQ

Meskipun paham serta sadar akan manfaat dan kegunaannya, ternyata masih banyak orang di luar sana seakan tidak mengindahkan saran untuk menerapkan pola hidup sehat. Padahal hal tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Berikut tips agar tetap terjaga kesehatannya.

  1. Lakukan Olahraga Meski Sebentar

Akhir-akhir ini keadaan cuaca sering kali tak menentu, dari musim panas tiba-tiba langsung berganti penghujan. Tentu saja kondisi seperti ini sangat mungkin mempengaruhi kesehatan seseorang, yang awalnya sehat bugar tanpa diketahui sudah jatuh sakit. Maka perlu adanya upaya pencegahan.

Melihat hal di atas, maka setiap orang mulai mencegahnya dengan melakukan olahraga rutin. Meski tidak bisa teratur, setidaknya 2 ½ jam tiap minggunya. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan, misalnya berenang, bersepeda, senam, berari, yoga, dan lainnya.

2. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Selain melakukan olahraga rutin, untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat yaitu minum air putih cukup. Alangkah baiknya jika Anda menghindari mengkonsumsi minuman dimana didalamnya terdapat kandungan gula. Sebab hal tersebut bisa mengakibatkan obesitas serta diabetes.

Menurut forum sehatQ, orang dewasa setidaknya membutuhkan kurang lebih 2 liter air atau setara 8 gelas. Usahakan rutin mengkonsumsinya agar terhindar dari dehidrasi. Anda bisa menambahkan beberapa irisan jeruk, timun atau lemon supaya lebih terasa segar.

3. Pilih Makanan Sehat Untuk Tubuh

Menerapkan pola hidup sehat sepertinya kurang pas jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Mengapa demikian? Sebab sangat bisa membantu menambah kekuatan serta mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi, jantung dan lainnya.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang memiliki kandungan gizi di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat dan sebagainya. Sumbernya bisa Anda dapatkan dari mana saja, misalnya dari hewan. Selain itu, juga perlu mengkonsumsi macam-macam buah, sayur dan kacang-kacangan.

4. Cukup Dalam Urusan Tidur

Dalam upaya menerapkan hidup sehat, ternyata tidak cukup hanya mengkonsumsi makanan atau minum yang baik untuk tubuh, kondisi internal pun perlu diperhatikan. Sebut saja, kualitas tidur seseorang juga butuh untuk dikelola dengan baik. Agar tercipta keseimbangan dalam badan.

Meski kebutuhan istirahat tiap individu berbeda-beda, namun setidaknya setiap orang melakukan tidur kurang lebih 7-9 jam pada malam hari. Bila kebutuhan tersebut bisa tercukupi, maka akan muncul perasaan tenang, fokus, dapat lebih berkonsentrasi. Sehingga keadaan tubuh kembali fit lagi.

5. Mengatur Kesehatan Mental

Ternyata agar bisa tercipta pola hidup yang sehat ala sehatQ, tak melulu harus berasal dari sisi eksternal saja. Faktor internal juga sangat perlu diperhatikan, supaya terjalin suatu keselarasan dalam tubuh. Selain itu, dapat mencegah terkena penyakit kronis.

Bila seseorang merasakan gejala depresi, cemas, stres atau lainnya, usahakan untuk segera mendapatkan bantuan. Sebagai contohnya, Anda bisa mulai membicarakan setiap masalahnya dengan baik-baik. Jika langkah tersebut kurang membantu, coba minta bantuan ke ahli psikolog.

Itulah tadi beberapa informasi penting tentang tips hidup sehat ala SehatQ agar bisa lakukan di rumah bersama keluarga tercinta. Sayangi tubuh Anda, supaya terhindar dari berbagai resiko penyakit berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *