June 24, 2024
Nyeri Haid

Cara untuk Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid adalah sebuah keluhan yang sering dialami oleh mereka para wanita yang sedang berada dalam masa menstruasi. Rasa nyeri yang dirasakan bisa saja ringan, namun pada beberapa wanita merasakan nyeri yang cukup berat, sehingga hal itu cukup menganggu aktifitas mereka sehari-hari. Jika di sini Anda sering mengalami nyeri tersebut, maka terdapat beberapa cara dalam mengurangi nyeri haid yang bisa dicoba di rumah. Untuk mengetahui lebih jauh, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Nyeri Haid?

 

Haid atau menstruasi merupakan proses keluarnya sel telur dan darah yang tidak dibuahi dari vagina. Proses tersebut merupakan sesuatu yang normal dialami setiap bulan oleh para wanita. Namun meski demikian, saat mengalami menstruasi ini tidak sedikit dari para wanita yang mengeluhkan kram dan rasa sakit di bagian perutnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan nyeri haid yang perlu untuk Anda ketahui.

Berendam di Air Hangat

Salah satu cara yang bisa dilakukan bagi Anda yang tengah merasakan nyeri haid yaitu berendam di air hangat. Dengan berendam di air hangat hal tersebut akan membuat otot Anda jadi lebih rileks, sehingga nyeri tersebut nantinya dapat berkurang. Selain itu juga dengan Anda berendam di air hangat juga akan memperbaiki suasana hati oleh karena mood swing yang mungkin saja muncul saat haid atau mengalami stres dan membuat tidur jadi kurang nyenyak.

Supaya kegiatan berendam air panas ini lebih menenangkan dan menyenangkan, maka Anda bisa menambahkan tetesan minyak esensial, seperti lemon, jeruk, minyak mawar ataupun lavender ke dalam bak mandi.

Memakai Obat Pereda Nyeri

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa memakai obat pereda nyeri. Salah satu obat pereda nyeri yang bisa digunakan dan dijual bebas yaitu Paracetamol atau ibuprofen. Anda bisa menemukan obat tersebut di apotek dan cobalah untuk meminum obat ketika Anda merasakan nyeri haid yang cukup berat.

Nyeri haid bisa saja disebabkan oleh banyak hal, seperti contohnya kontraksi otot pada bagian rahim dan meningkatnya zat prostaglandin di dalam tubuh. Bagi wanita yang menderita penyakit tertentu seperti endometriosis, radang panggul dan fibroid, nyeri yang dirasakan umumnya akan terasa lebih berat.

Memberikan Kompres Hangat Pada Bagian Perut

Cara untuk mengurangi nyeri haid yang berikutnya yaitu dengan Anda memberikan kompres hangat pada perut. Dengan Anda menempelkan kompres hangat itu di area perut ataupun punggung bagian bawah, maka akan membuat nyeri jadi mereda. Anda bisa melakukan hal tersebut sebanyak 3 kali sehari selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Menggunakan cara ini sama efektifnya dengan Anda meminum obat pereda nyeri.

Lakukan Pijatan dengan Lembut

Anda perlu melakukan pijatan dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri selama kurang lebih 5 menit. Selain itu, cara ini juga bisa Anda barengi dengan mengompres menggunakan air hangat. Nantinya Anda juga bisa memakai campuran minyak kelapa ataupun minyak esensial, seperti cengkeh, lavender dan kayu manis. Campuran dari minyak ini mempunyai sifat anti nyeri dan anti radang alami yang baik guna membantu dalam meredakan nyeri haid.

Hindari Minuman dan Makanan Tertentu

Selama masa menstruasi ada baiknya disini Anda menghindari untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang menyebabkan perut Anda kembung serta kelebihan cairan tubuh. Makanan itu seperti contohnya minuman berkafein, makanan berlemak, minuman bersoda dan beralkohol serta makanan asin.

Selain itu juga sebaiknya disini Anda menghindari untuk mengonsumsi makanan yang membuat kram perut, sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi teh dengan campuran daun mint atau jahe. Minuman tersebut dapat meringankan nyeri dan juga mencegah perut Anda jadi kembung ketika masa haid tiba. Untuk mengurangi nyeri haid ini, Anda juga dapat mengonsumsi makanan bergizi seperti contohnya sayuran, buah, kacang-kacangan, susu, coklat hitam, yogurt, telur dan ikan.

Rutin Berolahraga

Ketika Anda mengalami masa menstruasi, maka sebaiknya Anda tetap menjalankan olahraga. Lakukan olahraga secara aktif ketika masa haid akan mampu membuat rasa kram perut dan nyeri tersebut mereda. Sebuah riset bahkan pernah membuktikan bahwasannya mereka yang rutin berolahraga 30 menit selama kurang lebih 3 hari dalam seminggu, akan mengalami perbaikan pada gejala nyeri menstruasi.

Selain itu juga olahraga ketika menstruasi akan memberikan manfaat lain bagi Anda, yaitu mampu untuk meningkatkan suasana hati, menjaga berat badan tetap ideal serta membuat Anda jadi lebih bersemangat dan berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Melakukan Teknik Relaksasi

Cara yang terakhir yang bisa Anda terapkan untuk meredakan nyeri haid yaitu melakukan teknik relaksasi. Contoh teknik relaksasi yang bisa dicoba yaitu pilates, meditasi dan yoga. Tiga teknik tersebut akan membantu Anda dalam mengalihkan perhatian dari rasa nyeri serta ketidaknyamanan oleh karena haid. Bahkan beberapa pose Yoga pun juga dapat meredakan nyeri punggung ketika Anda tengah mengalami masa menstruasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *