September 21, 2021
update terbaru tarif bpjs

Update Terbaru Tarif BPJS Tahun 2021

Setiap tahun berganti, salah satu hal yang dilakukan oleh banyak orang adalah mencari informasi seputar update terbaru iuran BPJS. Pasalnya hal tersebut sudah pasti mengalami perubahan per kelasnya. Oleh karena itu, agar lebih paham lagi, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Update Terbaru Tarif BPJS Dari Tahun 2020 Hingga 2021

Pada dasarnya, kenaikan tarif BPJS tidak selalu terjadi. Terkadang hanya ada satu atau dua saja yang mengalami kenaikan, sedangkan lainnya masih sama. Untuk itu, berikut beberapa tarif BPJS dari tahun 2020 hingga 2021 agar Anda dapat membandingkan peningkatannya.

·         Iuran BPJS tahun 2020.

·         Kelas 1 – Rp. 150.000.

·         Kelas 2 – Rp. 100.000.

·         Kelas 3 – Rp.25.000

·         Iuran BPJS tahun 2021.

·         Kelas 1 – Rp. 150.000.

·         Kelas 2 – Rp. 100.000.

·         Kelas 3 – Rp. 35.000.

Setelah Anda melihat kenaikan iuran diatas, maka bisa disimpulkan pada tahun hanya kelas 3 saja yang mengalami peningkatan sekitar Rp. 10.000. Selain itu, biasanya terlepas dari kenaikan tersebut pasti diimbangi dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak BPJS.

Fasilitas Kesehatan Pratama BPJS

Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah mengenai fasilitas kesehatan Pratama. Dimana BPJS telah telah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti puskesmas hingga klinik. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai beberapa fasilitasnya.

1.      Administrasi Pelayanan Preventif dan Promotif

Salah satu layanan dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan adalah perihal administrasi. Semua pengguna BPJS terbebas dari biaya pendaftaran serta fasilitas yang disediakan. Tentu hal tersebut menjadi kabar untuk para masyarakat, pasalnya beban sedikit lebih berkurang.

Selain perihal administrasi, Anda pun akan merasakan manfaat lainnya yaitu pelayanan preventif dan promotif. Para peserta BPJS memiliki hak untuk busa memperoleh imunisasi secara rutin, kesehatan tertentu dan lainnya.

2.      Pemeriksaan, Pengobatan dan Rawat Inap

Terkait update terbaru iuran BPJS, Anda berhak mendapatkan fasilitas pemeriksaan secara gratis. Tak hanya itu saja, setiap penggunanya memiliki hak untuk dapat pengobatan secara layak tanpa dikenai biaya.

Selain itu, di dalamnya pun sudah terdapat sebuah layanan rawat inap. Jadi, apabila peserta BPJS memiliki indikasi yang mengharuskannya menginap dan perawatan intensif, maka layanan fasilitas Pratama bisa menyediakannya dengan segara

Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut

Pada dasarnya, selain terdapat fasilitas kesehatan Pratama, BPJS pun memiliki layanan kesehatan tingkat lanjut. Meskipun begitu, diantaranya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut beberapa penjelasannya.

1.      Administrasi Pelayanan, UGD, Pemeriksaan dan Konsultasi

Sama halnya seperti kesehatan Pratama, fasilitas tingkat lanjut pun membebaskan para peserta BPJS membayar biaya pendaftaran dan layanan lainnya. Selain itu, penggunanya pun berhak mendapatkan pemeriksaan di UGD.

Tak hanya sampai disitu saja, fasilitas kesehatan tingkat lanjut pun memberikan layanan berupa pemeriksaan dan konsultasi. Para peserta bisa melakukan pengecekan kesehatannya kepada dokter tanpa adanya biaya.

2.      Tindakan Medis, Rehabilitasi, Pengobatan dan Pelayanan Darah

Untuk lebih lanjut, fasilitas lainnya adalah tindakan medis serta rehabilitasi. Pada layanan inilah yang membedakan antara kesehatan Pratama dengan tingkat lanjut. Selain itu, ada juga pengobatan hingga pelayanan darah.

Para pesertanya mendapatkan layanan rehabilitasi sesuai dengan anjuran atau rekomendasi dokter spesialis. Kemudian, Anda juga berhak menggunakan pelayanan darah apabila membutuhkannya guna operasi dan lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai update terbaru iuran BPJS beserta penjelasan tentang fasilitas Pratama hingga tingkat lanjut. Tentu hal ini menjadi informasi yang sangat penting untuk seluruh masyarakat. Karena, layanan tersebut dibuat guna kesejahteraan semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *