September 21, 2021
Asuransi barang

 Tips Cara Packing Yang Aman Agar Barang Selamat Sampai Tujuan

Bagi Anda yang sedang berjualan produk khusunya memiliki online shop, sering kali dituntut untuk memberikan performa yang baik bagi kepuasan konsumen. Baik dalam segi kualitas produk yang Anda jual, maupun kualitas packing dan kirim barang. Apalagi persoalan pengiriman barang sering menjadi masalah yang dikeluhkan oleh konsumen. Beberapa mengalami pengalaman tidak menyenangkan, dimana barang mereka tidak aman, maupun rusak ketika sampai di tujuan. Tidak ada yang bisa menjamin jika barang yang ingin Anda kirim selalu selamat sampai tujuan. Banyak kemungkinan risiko terjadi di jalan, yang mungkin akan menyebabkan barang Anda rusak. Selain dengan mengatasinya menggunakan Asuransi barang, Anda juga pelu mengetahui cara packing yang aman agar barang selamat sampai ke konsumen.

  1. Pahami Jenis Barang yang Akan Dikirim

Setiap barang memiliki kharakteristik tertentu, misalnya terbuat dari plastik, ataupun pecah belah seperti kaca, keramik, dan sebagainya. Tentu saja hal tersebut tidak bisa diperlakukan dengan sama. Untuk barang pecah belah sebaiknya menggunakan packing kayu, namun jika ingin membungkus sejenis plastik ataupun produk non-pecah belah lainnya bisa menggunakan stereofoam ataupun bisa dibungkus dengan kardus.

 

  1. Berikan Perlindungan Ekstra

Beberapa barang yang tergolong pecah-belah, dan elektronik haruslah memakai perlindungan ekstra. Meskipun ekspedisi pengriman menyediakan packing kayu, namun perlakuan ini hanya berlaku pada bagian luar pembungkusnya. Sedangkan bagian dalamnya merupakan tanggung jawab pengirim. Oleh karena itu ketika mengirimkan barang elektronik seperti laptop, smartphone atau barang mahal lainnya, gunakanlah bubble wrap yang extra, untuk bagian dalam serta peti kayu pada bagian luar sebagai perlindungan tambahan.

 

  1. Gunakan Sticker Fragile

Menggunakan sticker peringatan seperti sticker bertuliskan fragile, sangat  membantu pegawai pengiriman express menjaga barang tersebut dengan hati-hati. Seringkali barang-barang tersebut rusak akibat terbanting pada proses pengiriman. Tentunya jika hal itu terjadi dapat membuat kecewa konsumen. Cara packing barang pecah belah wajib memakai stiker tersebut. Pastikan packingnya memakai bubble wrap untuk meminimalisir kerusakan, serta tambahakan packing kayu untuk proteksi extra aman.

 

  1. Pastikan Barang Yang Dikirim Sesuai dan Alamat Tujuan Pengiriman Benar

Sebagai penjual, tugas kita harus teliti untuk mengecek kembali apakah barang yang kita akan kirim sesuai dengan pesanan konsumen. Pastikan juga alamat tujuan pengiriman ditulis dengan benar dan jelas, menghindari kealahan pengiriman. Sehingga konsumenpun merasa puas akan layanan yang kita berikan.

 

 

 

  1. Gunakan Jasa Pengiriman Terpecaya

Memilih jasa pengiriman yang tepat, juga mempengaruhi kepuasan konsumen. Pilih jasa pengiriman yang waktunya fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengirimanmu. Pilihlah jasa pengiriman terbaik berdasarkan performanya.

 

  1. Tawarkan Proteksi Extra Asuransi Barang Ke Konsumen

Tidak ada yang bisa menjamin jika barang yang ingin Anda kirim selalu selamat sampai tujuan. Banyak kemungkinan risiko terjadi di jalan, yang mungkin akan menyebabkan barang Anda rusak. Untuk itu Anda perlu memberikan asuransi barang terhadap barang yang ingin Anda kirim. Tawarkan perlindungan extra dengan penambahan biaya asuransi barang kepada konsumen.

 

Itu tadi merupakan informasi beberapa tips yang bisa dilakukan agar packing aman dan barang selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan ya!

 

 

Referensi :

https://www.lalamove.com/id/blog/tips-kirim-barang-dengan-aman

https://www.unionlogistics.co.id/cara-packing-barang-agar-aman-dan-antirusak/

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *