July 23, 2024
gubernur terbodoh

Sosok Rod Blagojevich, Dicap sebagai Gubernur Terbodoh Amerika Serikat Akibat Konstroversi di Dunia Politik

Rod Blagojevich disebut sebagai gubernur terbodoh Amerika karena menjelek-jelekan Obama. Ia sendiri merupakan seorang kritikus yang pernah ditangkap akibat adanya tuntutan pidana yang dikeluarkan oleh Jaksa Amerika Serikat, yakni Patrick Fitzgerald.

Mengapa Rod Blagojevich Dicap sebagai Gubernur Terbodoh?

Seorang gubernur terpilih Rod Blagojevich, mendapatkan banyak klaim bahwa dirinya adalah gubernur terbodoh di Amerika Serikat. Hal tersebut karena ada banyak kasus politik yang dia buat pada saat menduduki jabatan tinggi. Tentu saja semua ini menyebabkan karir politiknya benar-benar hancur.

Ia bahkan terpaksa berhenti dari jabatan yang sebelumnya telah diperjuangkan. Rod Blagojevich diduga terbukti untuk mencoba menjual kursi senat melalui percakapan telepon yang berhasil disadap. Ia sebelumnya bahkan tidak menghiraukan desakan untuk mundur dari jabatan.

Tidak heran jika dirinya terpaksa dicopot dari jabatan yang diemban tersebut. Atas adanya kasus ini, tentu menjadi alasan mengapa Rod Blagojevich dicap sebagai gubernur terbodoh. Padahal, seorang gubernur tentu perlu mencatatkan prestasi tersendiri selama menjabat.

Apa Saja Kontroversi Rod Blagojevich?

Anda mungkin tidak mengetahui bahwa di Amerika Serikat ternyata ada gubernur yang dianggap paling bodoh. Salah satu diantaranya yakni Rod Blagojevich. Lantas, apa saja kontroversi dari sosok gubernur satu ini? Simak ulasan lengkapnya berikut:

  1. Menjual Kursi Senat Presiden AS

Rod Blagojevich dijuluki sebagai gubernur paling bodoh dengan segala jenis kontroversinya. Ia sendiri terjerat tuduhan korupsi lewat rencana menjual kursi senat yang sebelumnya telah ditinggalkan oleh presiden AS terpilih kala itu. Tidak lain yakni Barack Obama.

Tentu saja atas adanya kasus ini ada banyak kontroversi lain yang ditimbulkan. Padahal, seharusnya seorang gubernur mampu memberikan contoh yang baik. Akan tetapi, hal ini menjadi nyata bahwa negara Amerika pun memiliki gubernur dengan catatan politik sangat buruk.

  1. Tidak Mau Mundur dari Jabatan

Setelah terbukti dari tuduhan korupsi menjual kursi senat Presiden Barack Obama, ternyata masih ada kontroversi lain yang juga dilakukan oleh gubernur satu ini. Ia nampaknya memang sangat mencintai jabatannya sehingga tidak mau mundur dari kursinya.

Padahal, Rod Blagojevich sendiri telah mendapatkan banyak desakan untuk mundur dari berbagai pihak. Tampaknya, hal ini tidak menurunkan kepercayaan dirinya atas kasus yang sebelumnya telah terbukti. Ia bahkan tidak mau mundur dari jabatannya sebagai gubernur kala itu.

  1. Tetap Ingin Menjalankan Tugas Menjadi Gubernur

Sebenarnya, Rod Blagojevich telah mendapatkan banyak desakan untuk mengundurkan diri dari jabatan Gubernur Illinois. Desakan tersebut lama-kelamaan juga makin meluas. Akan tetapi, ia tetap ingin menjalankan tugasnya menjadi gubernur seperti biasanya.

Akan tetapi, tentu hal ini tentu justru menambah banyak dampak buruk berdatangan. Pasalnya, Rod Blagojevich terlihat tidak mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku di negaranya sendiri. Terutama selama berkarir di dunia politik padahal jabatannya sendiri masih sekelas gubernur di Amerika Serikat.

  1. Popularitas yang Mulai Menurun

Akibat berbagai ulah yang dilakukan oleh Rod Blagojevich, hal ini menyebabkan tingkat popularitasnya mulai mengalami penurunan. Tingkat popularitas dari sang gubernur pun telah merosot hingga mencapai 8 persen sehingga terus menuju angka terendah.

Sejumlah sahabat bahkan lawan politiknya pun merasa khawatir karena gubernur tersebut bisa saja terus melakukan penyimpangan praktik politik apabila masih menduduki jabatan. Terlebih apabila pemerintah tidak mengambil tindakan untuk segera mencopotnya.

  1. Akhirnya Tertangkap Atas Tuduhan Korupsi

Tepat pada tanggal 9 Desember tahun 2008 lalu, Rod Blagojevich dan kepala stafnya yang bernama John F. Harris ditangkap atas tuduhan korupsi federal. Pihak berwenang sendiri menuduhnya telah melakukan konspirasi dalam skema menjatuhkan donor kampanye serta politisi untuk jabatan.

Terlebih donor kampanye dan politisi untuk jabatan tersebut telah mencapai jutaan dolar. Tentu saja hal ini menjadi pelanggaran hukum yang perlu segera ditindak lanjuti. Walaupun Rod Blagojevich tetap tidak ingin mengundurkan diri tetapi ia akhirnya berhasil ditangkap.

  1. Diberhentikan dari Jabatan

Atas berbagai kontroversi Rod Blagojevich sebelumnya, hal ini membawa dirinya terpaksa untuk diberhentikan dari jabatannya. Pada tanggal 8 Januari 209, Dewan Perwakilan Illinois memutuskan untuk memakzulkan dirinya. Yakni atas dasar korupsi dan pelanggaran dalam mengemban jabatan sebagai gubernur.

Ia kemudian diberhentikan dari jabatan Gubernur Illinois oleh Senat Negara Bagian Illinois. Kemudian senat tersebut mengganti Rod Blagojevich dengan gubernur lainnya untuk menjalankan tugas di Amerika Serikat. Adapun pengganti gubernur ini sendiri adalah Pat Quinn.

  1. Resmi Menjalani Hukuman

Rod Blagojevich akhirnya resmi menjalani hukuman atas kasus yang telah dijeratkan. Pemutusan hukuman ini sendiri dilakukan pada sidang pidana kemudian dimulai pada tanggal 3 Juni tahun 2010 lalu. Akhirnya, mantan gubernur penuh kontroversi ini dijatuhi hukuman selama 14 tahun di dalam penjara.

Meski begitu, Rod Blagojevich ternyata tidak menyerah. Ia bahkan sempat mengajukan permohonan banding dan meminta pengadilan untuk menunda hukuman sementara. Hanya saja hal tersebut ditolak sehingga hukuman tetap dijatuhkan kepada gubernur ini.

Itu dia informasi lengkap seputar Rod Blagojevich yang dicap sebagai gubernur terbodoh di Amerika Serikat. Tentu saja atas semua perbuatan tersebut ia memang berhak untuk dicopot dari jabatannya. Terlebih kasusnya sudah benar-benar terbukti.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *