July 22, 2024

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD Halaman 90, 91, 92, 93, dan 94 Subtema 2 Pembelajaran 4 Buku Tematik

Inilahjawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk Kelas VI SD/MI Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4. Buku Tematik Terpadu Kelas 6 Tema 3 mempelajari materi berjudul Tokoh dan Penemuan. Kemudian, untuk Subtema 2 ini membahas tema berkaitan Penemuan dan Manfaatnya.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 90, 91, 92, 93, dan 94 untuk Pembelajaran 4. Pembahasan Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Pernahkan kamu datang terlambat ke sekolah? (Jika tidak pernah, kamu dapat menceritakan pengalaman datang terlambat pada saat bertemu teman dan lain lain). Tulislah pengalamanmu datang terlambat ke sekolah!

Kapan kamu terlambat datang ke sekolah? Jawab: Ketika awal awal masuk sekolah SD. Mengapa kamu terlambat?

Jawab: Saya masih awal awal masuk belum terbiasa, kemudian pagi harinya perlu mempersiapkan keperluan sekolah di malam hari. Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?

Jawab: Guru, teman, dan penjaga sekolah. Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu? Jawab:

Ada, saya tertinggal materi pelajaran. Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman? Jawab: Iya, saya sudah mengambil hak teman untuk belajar dengan nyaman. Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?

Jawab: Ya, saya sudah mengambil hak guru untuk mengajar dengan nyaman. Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin? Jawab:

Ya, saya belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin. Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi? Jawab:

Saya tidur tepat waktu dan tidak larut malam lagi. Kemudian, mempersiapkan keperluan untuk sekolah sebelum tidur. Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya. Amatilah gambar gambar berikut(gambar pada materi). Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab?

Jawab: Apa dampak dari yang mereka lakukan? Apa kewajiban kita sebagai pelajar? Gambar 1: Membung sampah pada tempatnya

Gambar 2: Belajar dengan giat dan sungguh sungguh Gambar 3: Mengerjakan tugas kelompok bersama sama Apakah mereka sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelajar?

Gambar 1: Belum Gambar 2: Belum Gambar 3: Sudah

Apa dampak bagi diri sendiri? Gambar 1: Bila banjir, dia akan terdampak Gambar 2: Nilai sekolah kurang bagus/turun

Gambar 3:Tugas sekolah lebih cepat selesai dan mudah Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi lingkungan? Gambar 1: Lingkungan menjadi kotor

Gambar 2: Tidak ada Gambar 3: Tidak ada, jika peralataan dikembalikan dengan rapi dan tidak menyisakan kotoran. Apa dampak dari tindakan yang mereka lakukan bagi orang lain?

Gambar 1: Terjadi banjir yang menyebabkan banyak orang terdampak Gambar 2: orang lain tidak mengajaknya mengerjakan tugas bersama Gambar 3: Bisa dipercaya orang lain untuk mengerjakan kelompok bersama dapertemanan semakin erat.

Selanjutnya,tuliskan kewajibanmu yang lain sebagai pelajar! Apa dampaknya jika kamu tidak melaksanakan dengan tanggung jawab? Jelaskan jawabanmu! Terdapat kolom yang berisi kalimat kewajiban pelajar dan dampak jika tidak melaksanakan kewajiban. Nantinya, siswa diminta untuk menyebutkan apa saja kewajian pelajar dan dampak jika tidak melaksanakan kewajiban pada kolom tersebut.

Jawab: Kewajiban pelajar: Rajin belajar

Menaati peraturan sekolah Menghormati guru dan menjalankan tugasnya Menjaga kerukunan antar teman

Menyelesaikan tugas Dampak jika tidak melaksanakan kewajiban: Nilai tugas sekolah menurun

Tugas banyak yang menumpuk dan belum selesai Kurang mendapatkan perhatian dari guru Mendapatkan sanksi

Membuat suasana menjadi tidak nyaman Melaksanakan kewajiban sebagai pelajar akan membantu kita mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Ayo Berlatih

Pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang “Si Kotak Ajaib”. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut. Apa itu kalimat efektif? Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. Ciri ciri kalimat efektif: Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama Para tamu tamu duduk di kursi. Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”? Perhatikan kata “tamu tamu”. Apa makna dari kata “tamu tamu”? Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu. Efektif: Tamu tamu duduk di kursi. Tidak Efektif: Para tamu duduk di kursi. Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif. Jawab:

Kalimat Tidak Efektif: Selanjutnya, kemudian teknologi semakin berkembang Di depan para bapak bapak dan ibu ibu

Penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya Kalimat Efektif Selanjutnya, teknologi semakin berkembang

Di depan bapak bapak dan ibu ibu Penemu yang pertama kali Apakah kamu sudah menulis dengan kalimat efektif?

Jawab: Sudah Bagian mana dari tulisanmu yang masih perlu diperbaiki?

Jawab: Tidak ada Jawaban disesuaikan dengan masing masing siswa. Sampaikan kepada orang tuamu tentang pentingnya disiplin waktu!

Mintalah pendapat orang tuamu bagaimana caranya agar kamu dapat menjadi pribadi yang disiplin waktu! Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *