July 20, 2024

Tahapan Finishing Rumah yang Tidak Boleh dilewatkan

Finishing rumah memang merupakan tahap akhir yang krusial dalam pembangunan, karena ini yang akan menentukan tampilan akhir dan kualitas estetika dari sebuah hunian. Prosesnya belum berakhir saat acian atau cat dinding, tetapi beberapa proses yang harus dilewati setelah itu. 

 

Finishing mencakup pemilihan material, warna cat, tekstur dinding, dan dekorasi interior seperti lantai, pintu, jendela, serta elemen dekoratif lainnya. Ini akan mempengaruhi penampilan keseluruhan rumah, menciptakan atmosfer yang sesuai dengan selera dan gaya hidup penghuninya. Sebelum membahas lebih lanjut, terlebih dahulu simak penjelasan mengenai apa itu finishing rumah, sebagai berikut:

 

Pengertian Finishing Rumah

 

Finishing rumah merujuk pada tahap terakhir dalam proses pembangunan atau renovasi sebuah rumah, di mana berbagai detail dan elemen interior serta eksterior diterapkan untuk menyelesaikan proyek secara keseluruhan. Ini meliputi aplikasi material dan elemen dekoratif yang akan mempengaruhi estetika, keamanan, dan kenyamanan ruang hunian.

 

Maka dari itu biasanya proses finishing ini pengerjaan lebih lama, karena perlu lebih detail dan tidak boleh ada yang terlewatkan atau dikerjakan asal-asalan. Karena fungsi dari finishing adalah untuk merapikan dan meningkatkan estetika hunian.

 

Waktu yang Dibutuhkan Proses Finishing

 

Proses finishing sebuah rumah dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran rumah, tingkat kompleksitas desain, jumlah pekerja yang terlibat, dan ketersediaan material. Proses finishing juga meliputi beberapa penyelesaian dan waktu yang dibutuhkan juga berbeda-beda, sebagai berikut:

 

  • Pengecetan dan penyelesaian dinding

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengecatan dan penyelesaian dinding tergantung pada jumlah dinding yang perlu dicat, jenis cat yang digunakan, serta persiapan dan penyelesaian permukaan dinding. Biasanya, ini bisa memakan waktu antara beberapa hari hingga satu minggu tergantung pada ukuran rumah.

 

  • Pemasangan pintu dan jendela

Instalasi pintu dan jendela umumnya memakan waktu yang cukup singkat, tergantung pada jumlah dan jenis pintu serta jendela yang dipasang. Proses ini bisa selesai dalam beberapa hari, tergantung pada kerumitan instalasi dan bahan yang digunakan.

  • Pemasangan lantai

Waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan lantai tergantung pada jenis lantai yang dipilih, seperti keramik, kayu, atau vinyl. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu tergantung pada ukuran area yang akan dilantai dan persiapan yang diperlukan.

 

  • Instalasi listrik dan plumbing

Instalasi sistem listrik dan plumbing biasanya merupakan tahap yang penting dan memakan waktu. Waktu yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada kompleksitas sistem yang diinstal dan jumlah pekerja yang terlibat. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu tergantung pada ukuran rumah dan kebutuhan spesifik.

 

  • Pemasangan perabotan dan dekorasi

Setelah instalasi dasar selesai, proses selanjutnya adalah pemasangan perabotan, rak, dekorasi, dan aksesori lainnya. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap ini tergantung pada jumlah dan kompleksitas perabotan serta dekorasi yang akan dipasang.

 

  • Pembersihan finalisasi

Tahap terakhir adalah pembersihan keseluruhan area, pengecekan akhir untuk memastikan semua instalasi berfungsi dengan baik, dan penataan akhir ruang agar siap ditempati. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap ini biasanya beberapa hari hingga satu minggu tergantung pada ukuran rumah dan tingkat kebersihan yang diinginkan.

Secara keseluruhan, proses finishing sebuah rumah dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada berbagai faktor seperti yang disebutkan di atas. Penting untuk merencanakan dengan baik, berkoordinasi dengan kontraktor atau tim konstruksi, serta memastikan kualitas pekerjaan agar mendapatkan hasil akhir yang memuaskan sesuai dengan harapan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *