April 18, 2024

Drama Korea Yang Cocok Ditonton Saat Puasa

Menonton drama Korea merupakan salah satu hiburan yang dapat dilakukan ketika kita ingin melepaskan penat. Cerita yang menarik dan juga tidak membosankan membuat kita nyaman dan merasa terhibur ketika menontonnya. Namun jika kita menonton drama Korea ketika sedang berpuasa apakah boleh? Bagaimana hukumnya menonton drama korea saat puasa?

Drama Korea yang sudah terkenal dengan banyaknya adegan yang romantis, seperti adanya adegan ciuman sepasang kekasig dan juga adegan-adegan dewasa yang vulgar. Hal ini menyebabkan banyak sahabat muslim yang senang menonton drama Korea bertanya-tanya, apakah menonton drama Korea ini membatalkan puasa atau tidak?

Bulan suci Ramadan yang merupakan bulan mulia, bulan yang selalu dirindukan kedatangannya bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan pada bulan ini menjadi lading pahala kita yakni dengan cara meningkatkan kualitas Ibadah dan keimanan kita selama satu bulan.

Amalan baik dan segala ibadah yang kita lakukan pada bulan suci Ramadan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Kegiatan atau ibadah yang dapat kita lakukan seperti membaca Al-Quran, melaksanakan salat sunah, termasuk tarawih, berdzikir, sedekah dan masih banyak ibadah lainnya.

Dan hukum untuk menonton drama Korea atau hiburan tentunya diperbolehkan. Dan tidak membatalkan puasa asalkan mengandung drama Korea yang cocok ditonton saat puasa seperti tidak ada adegan dewasa atau vulgar. Akan tetapi menurut para ulama mereka sepakat jika jauh lebih baik kita melakukan banyak ibadah dan amalan sunah puasa Ramadan, hal ini dikarenakan bulan suci Ramadan yang hanya datang satu kali dalam setahun.

Menonton acara televisi hukumnya mubah, akan tetapi jika kita menonton acara atau program yang berisi dakwah Islam dan mengandung banyak pelajaran agama Islam, akan menjadi pahala bagi kita jika kita niatkan untuk mencari ilmu.

Maka seorang muslim yang menonton drama Korea harus memiliki syarat sebagaimana tadi bahwa tidak mendatangkan hal buruk, seperti adanya adegan-adegan ciuman dan adegan dewasa yang mengarah pada hal yang negatif ini harus dihindari, karena perbuatan tersebut memiliki hukum mubah yang lebih mengarah pada dosa.

Jika kita melakukan hal seperti menonton drama korea sesekali tentunya boleh saja, untuk menghindari rasa bosan atau kantuk. Akan tetapi hal ini sangat disayangkan mengingat bulan Ramadan yang sangat mulia ini kita sia-siakan dengan hal yang kurang bermanfaat dan juga mubah.

Dan sesuai dengan pesan dari Nabi Muhammad SAW pada umatnya, bahwa kita harus mengambil hikmah positif dalam berbagai hal, termasuk dengan menonton serial drama Korea jika pada ceritanya mengandung kisah yang inspiratif dan juga memiliki tuntunan hal-hal baik.

Islam mengajarkan kita untuk senantiasa melakukan hal-hal baik dan amalan yang baik pula di pagi hari, siang hari hingga malam hari di bulan suci Ramadan.

Kita juga harus melaksanakan semua kegiatan dengan seimbang antara pekerjaan dan juga melakukan amalan ibadah baik kita selama bulan suci Ramadan. Kita harus pandai membagi waktu agar keduanya berjalan secara seimbang. Selain itu alangkah baiknya ketika kita membuat target-target dalam ibadah, seperti contohnya salat tarawih yang dilaksanakan selama satu bulan full, tadarus dan khatam Al-Quran selama satu bulan, melaksanakan salat sunah seperti dhuha dan tahajud.

Sebaiknya kita optimalkan semua amalan kita setelah salat subuh seperti dzikir, tadarus dan semua dilakukan sebelum bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *