August 19, 2022
Cari provider cloud profesional di sini

Cara Kerja dan Keuntungan Cloud Service

Cloud service merupakan istilah yang mengacu pada beragam layanan berbasis cloud dan internet. Layanan ini semakin marak digunakan oleh bisnis digital karena memberikan akses yang mudah dan terjangkau kepada aplikasi dan sumber daya TI tanpa memerlukan infrastruktur maupun perangkat keras internal. Dengan hadirnya layanan cloud, pekerjaan sehari-hari jadi lebih mudah dilakukan, mulai dari memeriksa email, kolaborasi dokumen, hingga menyimpan data yang bisa diakses kapan saja. Adapun keuntungan utama cloud lainnya adalah:

1. Mendukung fokus peningkatan bisnis

Karena penyedia layanan cloud telah menyediakan semua infrastruktur dan perangkat lunak yang dibutuhkan, perusahaan tidak perlu berinvestasi terkait sumber daya TI secara mandiri, seperti alokasi staff TI khusus untuk mengelola cloud ini. Hal ini, nantinya akan memudahkan bisnis untuk fokus pada peningkatan bisnis dan menyesuaikan kebutuhan bisnis sesuai dengan perubahan kebutuhan pelanggan.

2. Menurunkan biaya

Cloud service yang disediakan oleh provider biasanya memiliki basis langganan bulanan atau tahunan, sehingga tidak diperlukan biaya untuk membayar lisensi software dasar yang harus dikeluarkan perusahaan. Biaya ini tertanggung oleh penyedia layanan, dan pengguna bisa membayar sesuai dengan penggunaan. Namun demikian, perusahaan tetap dapat mengakses software, penyimpanan dan layanan lainnya. Selain itu juga, perusahaan tidak perlu biaya tambahan untuk pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur.

3. Peningkatan fleksibilitas

Dengan layanan cloud, perusahaan dapat memperoleh layanan sesuai permintaan, sesuai kebutuhan. Jika suatu saat aplikasi atau platform tertentu tidak lagi dibutuhkan, bisnis dapat dengan mudah membatalkan langganan atau menutup layanan. Sebaliknya, jika membutuhkan kapasitas lebih, perusahaan dapat menambahkannya dengan leluasa.

 

Cloud service provider Indonesia biasanya menawarkan berbagai layanan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan perusahaan. Saat memutuskan cara memanfaatkan layanan cloud, perusahaan juga harus memutuskan jenis lingkungan cloud mana yang paling cocok untuk bisnis: cloud publik, cloud pribadi, atau gabungan keduanya.

1. Layanan cloud publik (Public Cloud)

Layanan yang disediakan penyedia untuk banyak pelanggan atau beberapa pengguna sekaligus melalui web disebut sebagai layanan cloud publik. Manfaat terbesar menggunakan layanan cloud publik adalah kemampuan untuk berbagi sumber daya dalam skala besar, memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak fitur dan produk.

2. Layanan cloud pribadi (Private Cloud)

Layanan yang hanya didedikasikan untuk satu pengguna tunggal adalah layanan cloud pribadi. Dengan model layanan cloud pribadi, aplikasi dan data tersedia melalui infrastruktur internal perusahaan itu sendiri. Platform dan perangkat lunak melayani satu perusahaan saja, dan tidak tersedia untuk pengguna eksternal. Perusahaan yang bekerja dengan data yang sangat sensitif, seperti di industri perawatan kesehatan dan perbankan, sering menggunakan cloud pribadi untuk memanfaatkan protokol keamanan tingkat lanjut dan memperluas sumber daya dalam lingkungan virtual sesuai kebutuhan.

3. Lingkungan cloud hybrid (Hybrid Cloud)

Solusi cloud pribadi digabungkan dengan layanan cloud publik adalah yang dimaksud sebagai cloud hybrid di sini. Pengaturan ini sering digunakan ketika perusahaan perlu menyimpan data sensitif di cloud pribadi, tetapi ingin karyawan mengakses aplikasi dan sumber daya di cloud publik untuk komunikasi dan kolaborasi sehari-hari. Perangkat lunak berpemilik digunakan untuk mengaktifkan komunikasi antara layanan cloud, seringkali melalui satu konsol manajemen TI.

 

Jika Anda mencari provider cloud yang bisa dipercaya maka neuCentrIX jawabannya. neuCentrIX dengan layanan neuCloud menawarkan berbagai bentuk layanan cloud yang cocok untuk kebutuhan Anda. Cari provider cloud profesional di sini dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai neuCloud dari neuCentrIX.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *