kata bijak - terkadang bertahan lebih merusak daripada menyerah

Terkadang tetap bertahan justru lebih merusak/merugikan daripada menyerah. Versi aslinya dalam bahasa Inggris : Sometimes holding on does more damage than letting go.

Mungkin jika kata-kata di atas ini tertulis tanpa disertai dengan gambar, banyak orang yang akan mencibir, karena menyerah memang selalu dianggap sebagai hal yang “payah.” Tapi, dengan melihat gambar di atas, anda pasti akan mengerti bahwa terkadang, dalam situasi tertentu, menyerah justru lebih baik daripada terus bertahan. Sebagai orang yang ingin berhasil, kita memang harus pantang menyerah. Tapi, kita juga harus tetap realistis, dan tahu kapan harus menyerah, karena mungkin itu adalah hal yang terbaik. Menyerah bukan berarti berhenti. Menyerah dapat dilanjutkan dengan mencari jalan lain untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Yang paling mudah dijadikan contoh adalah dalam berbisnis. Banyak orang yang ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses. Tapi, ternyata, bisnis yang mereka jalankan kurang menguntungkan atau bahkan terus merugi. Idealnya, orang akan berkata “jangan menyerah.” Padahal, ada kemungkinan menyerah adalah hal yang paling baik, supaya kemudian bisa banting setir dan membuka bisnis baru, yang mungkin lebih menguntungkan daripada yang sebelumnya.

Hal lain yang dapat dijadikan contoh adalah dalam hal asmara atau perjodohan. Banyak orang yang berjuang mati-matian untuk orang yang mereka cintai. Tapi dalam beberapa kasus, perjuangan mereka gagal, kemudian mereka bertemu dengan orang lain, dan ternyata mereka juga bisa bahagia dengan orang yang mereka temui itu. Seandainya saja mereka dulu tidak bersikukuh dan berjuang mati-matian, mungkin mereka bisa bertemu dengan jodoh mereka yang sesungguhnya itu dengan lebih cepat, dan tidak banyak waktu yang terbuang.

*****

Kembali ke halaman depan Kata Bijak.

Terkadang Bertahan Justru Lebih Merugikan Daripada Menyerah