Setiap orang punya jatah gagal

Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika masih muda. (Kata bijak dari Dahlan Iskan).

Kata bijak ini mengajarkan kita untuk berani mencoba berbagai hal (yang positif) selagi kita masih muda. Jika kita tidak pernah berhenti mencoba, dan selalu pantang menyerah, maka saat kita sudah tidak muda lagi “jatah gagal” kita sudah habis, yang juga berarti bahwa kita sudah berhasil mencapai apa yang selalu kita inginkan.

Banyak orang yang mempertanyakan kalimat bijak ini. Mereka berargumen “bagaimana jika jatah gagal justru saat kita sudah tua?” Sebenarnya “jatah gagal” dalam kalimat ini hanya merupakan kiasan. Jika sewaktu muda kita banyak berusaha, mungkin kita mengalami banyak kegagalan. Tapi, dengan begitu banyaknya usaha yang kita lakukan, maka kemungkinan untuk bisa berhasil jauh lebih besar. Sehingga saat kita sudah tua, kita sudah menjadi orang yang berhasil, atau diumpamakan sebagai “jatah gagal” yang sudah habis.

Jika kita telaah dengan lebih mendalam, bahkan sebenarnya kegagalan itu pun bukan hal yang 100 persen negatif. Banyak orang yang berhasil menjadi orang yang sukses berkat kegagalan mereka di masa lalu. Dan mereka pun mengakui, jika di masa lalu mereka tidak mengalami kegagalan itu, kemungkinan mereka tidak akan bisa menjadi seperti sekarang.

Ini semua adalah interpretasi kami sendiri. Jika anda mempunyai pendapat yang berbeda tentang kata bijak dari Dahlan Iskan ini, dan anda ingin sharing, anda bisa mengirimkannya ke kami melalui email. Alamat email kami tersedia di halaman Kontak.

*****

Kembali ke halaman kumpulan kata kata bijak.

Setiap Orang Punya Jatah Gagal. Habiskan Jatah Gagalmu Ketika Masih Muda
Tagged on: