kata-bijak-semakin-banyak-kita-memperhatikan

Semakin banyak kita memperhatikan apa yang dikerjakan orang lain, semakin banyak kita belajar sesuatu untuk diri kita sendiri. (Kata-kata bijak dari Isaac Bashevis Singer).

Memang benar. Untuk bisa belajar tentang sesuatu, sebenarnya kita bahkan tidak perlu benar-benar melakukannya sendiri. Kita bisa dengan mudah belajar dengan memperhatikan orang lain yang sedang melakukan hal itu. Ini sebenarnya cara belajar yang “pintar,” karena hemat tenaga, dan meminimalkan resiko. Artinya, kita tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih untuk mempraktekkan hal yang ingin kita pelajari itu, dan kita tidak ada resiko untuk gagal, karena kita hanya melihat/memperhatikan saja. Kata bijak ini sedikit banyak berhubungan dengan kalimat yang sering kita dengar, yaitu “Belajar lah dari kesalahan orang lain, supaya kamu tidak perlu banyak melakukan kesalahan.”

Tapi ini tentu saja tidak berarti bahwa kita dapat benar-benar menguasai banyak hal hanya dengan melihat saja. Tentunya untuk dapat benar-benar mengerti sesuatu, kita pada akhirnya harus mencobanya sendiri. Tapi setidaknya, mencoba sesuatu setelah memperhatikan orang lain melakukannya akan meminimalkan resiko, dan memaksimalkan kemungkinan kita untuk berhasil. Kita juga tetap harus berhati-hati, karena banyak hal yang terlihat sangat mudah ketika dilakukan oleh orang lain, tapi saat kita sendiri yang melakukannya, belum tentu mudah.

Profil Isaac Bashevis Singer

Dia adalah seorang penulis yang terkenal, yang pada tahun 1978 mendapatkan Nobel Prize in Literature.

*****

Kembali ke halaman depan Kata Bijak.

Semakin Banyak Kita Memperhatikan Apa Yang Dikerjakan Orang Lain