Kata Kata Mutiara Buya Hamka

Semakin Banyak Ilmu Semakin Lapang Hidup. Semakin Kurang Ilmu Semakin Sempit Hidup. (Kata kata mutiara dari Buya Hamka).

Kata kata mutiara oleh Buya Hamka ini cukup sederhana bahasanya sehingga sangat mudah untuk dimengerti. Memang, semakin banyak ilmu yang kita miliki, akan semakin lapang juga hidup yang kita jalani. Contoh yang paling sederhana adalah dalam hal mencari nafkah. Semakin banyak ilmu (pengetahuan dan keterampilan) yang kita miliki, semakin banyak juga hal yang bisa kita lakukan untuk mencari nafkah. Dan sebaliknya. Jika kita hanya mempunyai sedikit ilmu dan keterampilan, maka tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mencari nafkah.

Kata kata mutiara oleh Buya Hamka ini juga bisa dikaitkan dengan wawasan seseorang. Semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, maka semakin luas juga wawasannya. Dan tentunya, dengan luasnya wawasan, hidup akan terasa lapang, karena apapun yang dihadapinya, orang tersebut akan dapat melihat dari berbagai sisi yang berbeda.

Inti dari rangkaian kata ini sebenarnya sangat sederhana. Jadi pada dasarnya, orang yang memiliki ilmu akan jauh lebih bermanfaat (baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain), dibandingkan dengan orang yang hanya sedikit ilmunya.

Profil Buya Hamka

Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah, seorang ulama dan sastrawan kelahiran Sumatera Barat yang memiliki nama pena Hamka. Sedangkan sebutan Buya merupakan panggilan untuk orang Minangkabau.

*****

Kembali ke halaman Kata Kata Mutiara.

Semakin Banyak Ilmu Semakin Lapang Hidup
Tagged on: