Segalanya selalu kelihatan tidak mungkin – sampai terlaksana. (Kata mutiara dari Nelson Mandela). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : “It always seems impossible until it’s done.”

Mungkin anda pernah mengalami sendiri hal seperti ini. Ada sesuatu yang sangat ingin anda capai, tapi kelihatannya tidak mungkin akan tercapai. Tapi, setelah berjuang sekuat tenaga, akhirnya hal itu dapat anda capai. Dan setelah hal itu dapat anda capai, barulah anda menyadari bahwa hal itu sebenarnya sangat mungkin untuk dicapai. Intinya, seringkali posisi atau kondisi kita sangat menentukan cara pandang kita terhadap sesuatu. Saat kita menginginkan sesuatu, hal itu mungkin terlihat sulit untuk dicapai. Tapi setelah kita berhasil mendapatkannya, kita akan melihat hal itu sebagai sesuatu yang memang dapat dicapai.

Mungkin akan lebih mudah jika kami memberikan contoh sesuatu yang sudah kami alami sendiri. Sebagai orang-orang yang pekerjaannya membuat website, mempunyai website dengan pengunjung ribuan orang setiap harinya adalah hal yang ingin kami capai. Tapi, karena beratnya persaingan, dulu kami sempat putus asa dan berpikir bahwa hal itu tidak akan pernah kami capai. Tapi, kami terus mencoba dan tidak menyerah. Akhirnya, ada salah satu website kami yang melejit naik ke atas, dan mendapatkan minimal 5000 orang pengunjung setiap harinya. Setelah hal itu tercapai, barulah kami berpikir bahwa itu memang hal yang mungkin untuk dicapai. Bukan hal yang mustahil.

Nelson Mandela membuat rangkaian kata di atas untuk memberi semangat kepada orang-orang yang ingin mencapai sesuatu, tapi hampir menyerah karena merasa apa yang ingin mereka capai itu terlalu berat. Seringkali mungkin atau tidaknya sesuatu hanya bergantung kepada cara kita memandangnya saja.

*****

Kembali ke halaman Kata Mutiara.

Segalanya Selalu Kelihatan Tidak Mungkin – Sampai Terlaksana
Tagged on: