Sebagian besar dari kita lebih suka hancur oleh sanjungan daripada terselamatkan oleh kritikan. (Kata kata bijak dari Norman Vincent Peale). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : The trouble with most of us is that we’d rather be ruined by praise than saved by criticism.

Hal ini memang benar, dan saya sakin banyak di antara anda yang merasakannya sendiri. Biasanya orang sangat senang kalau dipuji. Dan sebaliknya, mereka akan marah saat dikritik. Padahal, sebenarnya, justru kritikan dapat memberikan input yang berguna dan mungkin bisa menyelamatkan mereka. Dan sebaliknya, pujian dapat membuat mereka terlena dan tidak menyadari kesalahan yang mereka buat, sehingga akhirnya mereka celaka.

Memang pada kenyataannya menerima kritikan bukanlah hal yang mudah. Seringkali, saat orang dikritik oleh orang lain, harga diri mereka terluka. Lalu, mereka justru mempertahankan diri dengan sikap yang agresif. Setelah itu, mereka akan tetap melakukan hal yang sebenarnya salah itu, karena ada keinginan untuk membuktikan bahwa diri mereka itu benar. Ini lah yang kemudian membuat orang itu celaka.

Bagaimana dengan anda? Mana yang lebih anda sukai? Hancur karena terbuai oleh sanjungan, atau terselamatkan oleh kritikan yang membangun? Anda bisa share pendapat pribadi anda dengan mengirimkannya ke kami via email. Kami akan mem-publish nya di halaman ini. Terima kasih.

*****

Kembali ke halaman Kata Kata Bijak.

 

Sebagian Besar Dari Kita Lebih Suka Hancur Oleh Sanjungan