pengalaman-memungkinkan-anda

Pengalaman memungkinkan anda mengenali kesalahan yang sama. (Kata bijak dari Franklin P. Jones).

Kata bijak ini mirip dengan kata bijak lainnya yang berbunyi “pengalaman adalah guru yang terbaik.” Banyak orang yang menyesali hal buruk yang pernah terjadi kepada mereka. Padahal, terjadinya hal yang buruk itu adalah hal yang berharga, karena nantinya mereka dapat mencegah hal itu terjadi lagi, dan bahkan dapat menyadarinya sebelum hal itu benar-benar terjadi.

Namun sebenarnya kata bijak dari Franklin P. Jones ini belum lengkap. Pengalaman memungkinkan kita tidak hanya untuk mengenali kesalahan yang sama, tapi juga untuk mengenali kesalahan yang serupa. Ingat bahwa serupa tidaklah sama. Contohnya dalam hal berbisnis. Biasanya seseorang yang punya banyak pengalaman dalam berbisnis bisa dengan cepat mengenali kesalahan yang dia lakukan, walaupun dia belum pernah mengalami hal yang persis sama.

Contoh sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka yang sudah pernah tertipu lewat SMS undian, pasti akan menjadi lebih hati-hati. Jika suatu saat ada orang yang menelepon mereka, dan berkata bahwa mereka telah memenangkan undian, mereka akan lebih berhati-hati, walaupun mereka belum pernah menghadapi penipu dengan modus telepon seperti itu. Bagaimanapun pengalaman memang guru yang terbaik.

Profil Franklin P. Jones

Franklin P. Jones adalah seorang insinyur dan penerbit kelahiran Inggris, yang waktu kecil berimigrasi ke Amerika. Ia adalah cofounder, penerbit, dan editor dari American Mechanics Magazine.

*****

Kembali ke halaman utama Kata Bijak.

Pengalaman Memungkinkan Anda Mengenali Kesalahan Yang Sama
Tagged on: