kata bijak - orang baik menjadi lebih bijaksana setelah melewati suatu kegagalan

Orang baik menjadi lebih bijaksana setelah melewati suatu kegagalan. (Kata bijak dari William Saroyan).

Banyak orang yang sangat takut dengan kegagalan. Padahal, ada cukup banyak kata bijak tentang kegagalan, yang justru mengatakan bahwa kegagalan bukanlah hal yang perlu ditakuti. Contohnya rangkaian kata bijak dari William Saroyan ini. Menurut dia, kegagalan justru dapat membuat seseorang menjadi lebih bijaksana.

Apa yang dikatakan oleh rangkaian kata di atas ini sedikit banyak berhubungan dengan rangkaian kata lain yang lebih sering kita dengar, yaitu “kegagalan adalah guru yang terbaik.” Jadi dengan mengalami kegagalan, seseorang dapat belajar, lalu menjadi lebih bijaksana, dan tentunya tidak akan membuat kesalahan yang sama yang mengakibatkan kegagalan itu tadi.

Memang harus kita akui bahwa belajar dari kegagalan, kemudian menjadi lebih bijaksana, bukanlah hal yang mudah. Saat seseorang gagal, besar kecenderungan baginya untuk berhenti dan menyerah. Mungkin karena itu lah rangkaian kata bijaksana ini dibuat oleh pembuatnya. Rangkaian kata ini dimaksudkan untuk mengingatkan mereka yang sedang mengalami kegagalan untuk tidak menyerah, karena kegagalan mereka itu justru dapat membuat diri mereka menjadi lebih baik, yang dalam rangkaian kata ini disebut sebagai “lebih bijaksana.”

Bagaimana pendapat anda? Apakah anda setuju bahwa kegagalan dapat membuat seseorang menjadi lebih bijaksana? Anda bisa share pendapat anda melalui email.

*****

Kembali ke halaman depan Kata Bijak.

Orang Baik Menjadi Lebih Bijaksana Setelah Melewati Suatu Kegagalan
Tagged on: