Kesalahan-kesalahan Adalah Bukti Bahwa Kamu Berusaha

kesalahan-kesalahan-adalah-bukti

Kesalahan-kesalahan adalah Bukti Bahwa Kamu Berusaha. Versi aslinya dalam bahasa Inggris : Mistakes are proof that you are trying. (Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas siapa yang menyusun kata bijak ini).

Rangkaian kata bijak yang satu ini memang tergolong pendek, tapi mengandung makna yang mendalam. Banyak orang yang takut melakukan kesalahan. Dan di sisi lain, banyak juga orang yang menganggap bahwa melakukan kesalahan merupakan hal yang fatal. Padahal, kesalahan sebenarnya adalah hal yang baik. Melakukan kesalahan berarti bahwa kita sudah berusaha. Jika kita tidak berusaha, kemudian kita tidak melakukan apapun, tentunya kita tidak akan melakukan kesalahan. Tapi, kita juga tidak akan mendapatkan hasil apapun.

Tapi tentunya ini tidak berarti bahwa kita boleh melakukan segala sesuatu dengan asal-asalan. Yang dimaksud dengan kesalahan di kata bijak ini adalah kesalahan yang tetap saja terjadi padahal kita sudah berusaha keras untuk melakukan hal yang benar. Bukan kesalahan yang disengaja, atau kesalahan karena kita lalai atau asal-asalan.

Satu hal yang juga perlu diingat adalah; tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi, saat ada orang lain yang berbuat salah, sebaiknya kita mengingat kesalahan yang pernah kita buat sendiri, dan mengingat bahwa kita pernah berada di posisi orang tersebut, yaitu posisi orang yang berbuat salah.

*****

Kembali ke halaman utama Kata Bijak.