kata mutiara - kekayaan itu mencolok tapi kemiskinan itu tersembunyi

Kekayaan itu mencolok, tapi kemiskinan itu tersembunyi. (Kata mutiara dari James Reston). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : “Wealth is conspicuous, but poverty hides).

Kalimat bijak di atas tergolong sulit untuk diartikan. Berikut ini adalah beberapa interpretasi yang berbeda:

  • Kekayaan selalu terlihat mencolok. Orang-orang yang kaya selalu mendapatkan perhatian lebih, dengan segala kemewahan yang mereka miliki. Tapi kemiskinan sebaliknya. Orang-orang yang miskin selalu “tersembunyi” atau tidak terlihat, dan mereka tidak pernah mendapatkan perhatian lebih, atau bahkan sama sekali tidak pernah diperhatikan.
  • Orang-orang yang kaya selalu mendapatkan perhatian dan diperlakukan dengan baik. Sedangkan orang yang miskin tidak pernah mendapatkan perhatian, dan mereka selalu diperlakukan dengan buruk.
  • Orang yang kaya selalu memperlihatkan kekayaan mereka, sedangkan orang yang miskin berusaha menyembunyikan kemiskinan mereka.

Beberapa interpretasi di atas tentu saja tidak bisa kami jamin 100% benar. Tapi, saat membaca kalimat mutiara dari James Reston ini, hal-hal di atas lah yang muncul di benak kami. Mungkin saja anda mempunyai interpretasi yang berbeda. Anda bisa mengirimkan apa yang dapat anda ambil dari kata mutiara ini ke kami melalui email.

Profil James Reston

Dia adalah seorang jurnalis yang lahir pada tahun 1909, dan meninggal pada tahun 1995. Dia memenangkan Pulitzer Prize sebanyak dua kali, yang pertama pada tahun 1945 dan yang kedua pada tahun 1957. Profil lengkap tokoh ini dapat anda baca di Wikipedia.

*****

Kembali ke halaman Kata Mutiara.

Kekayaan Itu Mencolok Tapi Kemiskinan Itu Tersembunyi
Tagged on: