Kejujuran Adalah Bab Pertama Dalam Buku Kebijaksanaan

kata mutiara - kejujuran adalah bab pertama dalam buku kebijaksanaan

Kejujuran adalah bab pertama dalam buku kebijaksanaan. (Kata mutiara dari Thomas Jefferson).

Kata mutiara ini menekankan pentingnya kejujuran. Bahkan, menurut kata mutiara ini, kejujuran adalah hal pertama yang dibutuhkan untuk menjadi seseorang yang bijaksana, dengan mengumpamakannya sebagai “bab pertama.”

Sayangnya, banyak orang yang tidak memahami betapa pentingnya kejujuran itu. Hal ini dapat dengan mudah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Bagi anda yang secara rutin membaca berita di berbagai media online, pasti anda sudah pernah membaca berita tentang orang yang menemukan uang dalam jumlah yang besar, tapi kemudian memilih untuk mengembalikannya kepada pemiliknya. Fakta bahwa hal semacam ini menjadi berita besar dan ramai diperbincangkan di dunia maya, menunjukkan bahwa orang yang jujur, apalagi dalam urusan yang menyangkut uang dalam jumlah yang sangat banyak, adalah hal yang langka.

Memang, menjadi orang yang jujur seringkali tidak semudah mengucapkannya. Karena harus kita akui, terkadang menjadi orang yang jujur justru akan menempatkan kita dalam posisi yang sulit. Tapi posisi yang sulit itu tentunya akan berlalu. Karena bagaimanapun juga, seperti kata mutiara lainnya tentang kejujuran yang berbunyi “honesty is the best policy,” menjadi jujur adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan.

Bagaimana pendapat anda tentang kata mutiara ini? Apakah anda setuju bahwa kejujuran adalah hal yang sangat penting?

*****

Kembali ke halaman Kata Kata Mutiara.