kata bijak Confucius kejayaan terbesar bukanlah tidak pernah gagal

Kejayaan terbesar bukanlah tidak pernah gagal, tetapi bangkit setelah kita terjatuh. (Kata bijak Confucius).

Banyak orang yang berpikir bahwa kejayaan adalah saat seseorang tidak pernah gagal. Padahal, menurut kata bijak Confucius ini, kejayaan bukanlah kondisi saat seseorang tidak pernah gagal, melainkan saat dia terjatuh, lalu berhasil bangkit kembali. Dan pada kenyataannya, memang tidak ada orang yang sama sekali tidak pernah gagal bukan?

Bangkit dari kegagalan bukanlah hal yang mudah. Bahkan, bisa dibilang sangat sulit. Mungkin karena itu lah Confucius berkata melalui rangkaian katanya ini bahwa saat seseorang berhasil bangkit dari jatuh, itu lah masa kejayaannya. Dan tentunya, karena sudah pernah “terjatuh,” dia akan lebih berhati-hati dan tidak akan membuat kesalahan yang sama.

Jika kita cermati, kita akan menemukan banyak sekali kata bijak yang dibuat oleh para tokoh terkenal, yang membahas tentang kegagalan (dan kejayaan). Ini tentunya bukan tanpa alasan. Kegagalan telah menghantui kehidupan selama ribuan tahun lamanya. Dan banyak orang yang terjebak dalam kegagalan mereka, berpikir bahwa mereka tidak akan pernah bisa bangkit lagi. Mungkin karena itu lah kemudian banyak tokoh terkenal yang membuat quotes tentang kegagalan, dengan harapan bisa memotivasi orang-orang supaya bangkit. Contohnya, ada satu kata bijak tentang kegagalan yang sangat sering kita dengar, yaitu “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.”

*****

Kembali ke halaman depan KataBijak.ID.

 

Kejayaan Terbesar Bukanlah Tidak Pernah Gagal
Tagged on: