Keberanian Adalah Hal yang Dibutuhkan Untuk Dapat Tampil dan Berbicara

Kata bijak dari Sir Winston Churchill tentang keberanianKeberanian adalah hal yang dibutuhkan untuk dapat tampil dan berbicara. Keberanian juga merupakan hal yang dibutuhkan untuk dapat duduk dan mendengarkan. (Kata bijak dari Sir Winston Churchill). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : Courage is what it takes to stand up and speak. Courage is also what it takes to sit down and listen.

Banyak orang yang berani tampil dan berbicara untuk mengutarakan pendapat mereka. Tapi, tidak banyak orang yang berani duduk, dan mendengarkan dengan seksama, untuk memahami apa yang dikatakan oleh orang lain. Kurang lebih ini lah yang ingin dikatakan oleh Sir Winston Churchill lewat rangkaian kata bijak di atas ini.

Sebagian besar orang berpikir bahwa mendengarkan adalah hal yang sangat mudah, dan jauh lebih mudah daripada berdiri dan mengutarakan pendapat. Memang benar. Tapi, yang dimaksud oleh beliau yang menulis kata bijak ini dengan “mendengar” bukanlah sekedar duduk diam dan mendengarkan. Kata “mendengar” yang dimaksud dalam rangkaian kata bijak ini adalah berusaha memahami, bukan hanya sekedar mendengarkan seperti mendengarkan musik. Banyak orang yang ingin supaya mereka dipahami. Bahkan, mereka tidak ragu untuk memaksa orang lain untuk memahami mereka. Tapi, cukup jarang orang yang bersedia untuk memahami secara sukarela. Dan untuk menjadi orang seperti itu, dibutuhkan keberanian yang besar.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda adalah seseorang yang mempunyai keberanian yang cukup untuk mendengarkan dan memahami pendapat orang lain?

Profil Sir Winston Churchill

Sir Winston Churchill adalah Perdana Menteri United Kingdom dari tahun 1940 sampai dengan tahun 1945, serta tahun 1951 sampai dengan tahun 1955. Dia juga merupakan seorang tentara Inggris, sejarawan non-akademis, dan penulis terkenal.

*****

Kembali ke halaman utama KataBijak.id.