Kebahagiaan Manusia Dan Kepuasan Manusia Pada Akhirnya

Kata Kata Bijak Tenzin Gyatso

Kebahagiaan manusia dan kepuasan manusia pada akhirnya harus datang dari diri sendiri. (Kata kata bijak dari Tenzin Gyatso). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : Human happiness and human satisfaction must ultimately come from within oneself.

Rangkaian kata bijak dari Tenzin Gyatso ini memang relatif sederhana. Tapi, ada banyak hal yang bisa kita renungkan dari kalimat tersebut. Saat membicarakan tentang kebahagiaan, banyak orang di jaman moderen ini yang mengkaitkan dengan hal-hal yang sifatnya materi. Padahal, menurut Tenzin Gyatso, sumber kebahagiaan dan kepuasan adalah diri kita masing-masing. Tanpa mempunyai materi yang berlimpah pun, jika kita puas dan bahagia dengan hidup kita, kita akan merasa bahwa hidup kita sudah lengkap. Dan sebaliknya. Walaupun kita hidup dengan banyak harta, jika kita tidak merasa puas dan bahagia dengan apa yang kita miliki, kita tidak akan pernah merasa puas dan bahagia.

Jadi, kebahagiaan dan kepuasan adalah rahasia dari masing-masing individu. Kita tidak bisa melihat seseorang yang kondisinya (menurut kita) tidak sebaik kita, dan kemudian menilai bahwa dia pasti tidak bahagia. Mungkin dia justru menjalani hidupnya dengan lebih bahagia dibandingkan kita.

Profil Tenzin Gyatso

Tenzin Gyatso adalah Dalai Lama ke 14, yang pada tahun 1989 mendapatkan Nobel Perdamaian. Beliau dilahirkan pada tanggal 6 Juli 1935 di provinsi Qinghai, Tibet. Profil lengkap tokoh terkenal ini dapat anda baca di Wikipedia.

*****

Kembali ke halaman depan kumpulan kata kata bijak.