kata mutiara Tenzin Gyatso

Kasih sayang dan toleransi bukan tanda kelemahan, tetapi tanda kekuatan. (Kata mutiara dari Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14). Versi aslinya dalam bahasa Inggris : Compassion and tolerance are not a sign of weakness, but a sign of strength.

Memang benar apa yang dikatakan oleh Tenzin Gyatso lewat kata mutiaranya ini. Banyak orang yang berpendapat bahwa kasih sayang dan toleransi adalah tanda kelemahan. Padahal, sebenarnya dua hal tersebut justru merupakan tanda kekuatan. Kenapa bisa begitu? Karena lebih mudah untuk memusuhi, daripada menyayangi. Semua orang bisa memusuhi. Tapi, tidak semua orang berani untuk menyayangi, dan memberikan toleransi. Jadi, hanya yang mempunyai keberanian dan kekuatan lah yang berani memberikan kasih sayang serta toleransi.

Inti dari kata mutiara ini jika ditulis secara singkat kurang lebih begini : Memusuhi dan menolak sebenarnya adalah 2 hal yang paling gampang untuk dilakukan. Dan, siapapun bisa melakukannya. Sedangkan menyayangi serta memberikan toleransi, adalah hal yang sangat sulit. Diperlukan perjuangan serta keberanian yang besar, jadi tidak semua orang bisa melakukannya.

Nah, bagaimana dengan anda? Beranikah anda memberikan kasih sayang dan toleransi terhadap sesuatu yang selama ini anda takuti?

Mengartikan kata mutiara seperti ini memang tidak mudah. Jika anda mengartikan rangkaian kata ini dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda, dan anda ingin membaginya dengan kami, silakan kirim melalui email. Terima kasih.

*****

Kembali ke halaman kumpulan kata kata mutiara.

Kasih Sayang dan Toleransi Bukan Tanda Kelemahan
Tagged on: