Jika rencana A tidak berjalan

Jika rencana “A” tidak berjalan, tenang, masih ada 25 huruf lain dalam alfabet. (Kata bijak dari Chris Guillebeau). Rangkaian kata ini merupakan terjemahan dari bahasa Inggris. Ada beberapa versi dengan sedikit perbedaan dalam susunan kata, antara lain “If Plan A fails, remember there are 25 more letters,” dan “If “plan A” doesn’t work, the alphabet has 25 more letters.”

Kata bijak ini mengingatkan kita bahwa kita harus selalu optimis. Jika kita mempunyai suatu rencana, dan ternyata rencana itu tidak berjalan sebagaimana mestinya, kita selalu dapat membuat rencana-rencana lainnya. Satu kata bijak terkenal yang senada dengan ini adalah “Ada seribu jalan menuju Roma.”

Sebaiknya rencana cadangan dipersiapkan dari awal. Atau dengan kata lain, sebaiknya sebelum rencana yang kita jalankan benar-benar gagal, sebaiknya kita sudah mempunyai beberapa rencana lainnya. Tapi, ada satu masalah dengan konsep rencana cadangan ini. Banyak orang yang kemudian tidak menjalani rencana yang sedang mereka jalankan dengan sepenuh hati dan penuh perjuangan, karena mereka berpikir “ah, kalau gagal ya coba saja lagi dengan cara yang berbeda.”

Jadi, apa saja kah target anda di masa depan? Dan apakah anda sudah membuat rencana yang solid untuk mencapainya? Dan apakah anda mempunyai rencana cadangan jika ternyata rencana utama anda itu gagal?

Profil Chris Guillebeau

Chris Guillebeau adalah seorang penulis buku, pengusaha, blogger, dan pembicara berkebangsaan Amerika. Karyanya yang paling terkenal adalah blog dan buku berjudul The Art of Non-Conformity.

*****

Kembali ke halaman kumpulan kata kata bijak.

Jika Rencana “A” Tidak Berjalan
Tagged on: