ini-bukan-soal-ide-2

Ini bukan soal ide. Ini soal bagaimana mewujudkan ide.

Tulisan ini aku tujukan untuk diriku sendiri sebagai sebuah #selfnote.

Hei kamu! Iya kamu! Kamu yang punya segudang ide. Bukan cuma satu, tapi ratusan. Bukan ide sepele, tapi ide yang bahkan kamu pikir bisa mengubah peradaban manusia.  Bukan ide kacangan, tapi ide yang bahkan serupa wahyu Tuhan kepada para nabinya.

Hei kamu! Iya kamu! Kamu harus inget ya, ide besar tanpa realisasi tetap akan bernilai NOL, sementara ide sekecil apapun jika dapat terealisasi bernilai minimal SATU. Kalau kamu ujian, besar nilai antara NOL dengan SATU?

Hei kamu! Iya kamu! Ide dan mengusahakan mewujudkan ide adalah dua hal yang berbeda. Jika ide itu serupa mimpi maka mewujudkan ide adalah mewujudkan mimpi tersebut. Di dunia ini pasti banyak orang yang bermimpi menjadi the next Mark Zuckerberg atau the next Steve Jobs? Namun kebanyakan dari yang bermimpi itu kembali tidur dan meneruskan mimpinya. Sementara, hanya sedikit yang bangun dari tidurnya dan bekerja untuk mewujudkan mimpinya itu.

Hei kamu! Iya kamu! Saya kasih tahu ya. Kalau menurut Scott Belsky ada  3 hal yang harus kamu kerjakan kalau kamu mau mewujudkan ide. Yang pertama adalah organisasi dan eksekusi. Kalau kata bijak dari orang terdahulu seperti ini, kebaikan yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh keburukan yang terorganisir. Begitu dahsyat kan kekuatan organisasi? Yang kedua adalah jangan menyepelekan kekuatan komunitas. Dengan bergabung dengan komunitas, kamu akan dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai mimpi yang sama. Mereka ini bukan hanya bermimpi, namun mereka adalah orang-orang yang sedang berusaha mewujudkan mimpinya masing-masing sehingga kamu akan dinaungi energi positif ini. Dan yang terakhir adalah kepemimpinan.

Hei kamu! Iya kamu! Ayo sekarang bangun dan mulailah bekerja mewujudkan mimpimu itu. Ganbatte!!!

*****

Kembali ke halaman kategori kata kata motivasi.

Ini Bukan Soal Ide Ini Soal Bagaimana Mewujudkan Ide