Imajinasi Membuat Seseorang Tetap Hidup

kata bijak - imajinasi membuat seseorang tetap hidup

Imajinasi membuat seseorang tetap hidup. (Kata bijak dari J.B Yeats).

Banyak orang yang beranggapan bahwa imajinasi adalah hal yang tidak penting, atau bahkan cenderung negatif. Mereka beranggapan bahwa sebaiknya kita memikirkan hal-hal yang nyata saja, dan tidak mengembangkan imajinasi yang kita miliki. Padahal, sebenarnya, imajinasi adalah hal yang sangat penting. Tanpa imajinasi, tokoh-tokoh yang telah menemukan hal-hal yang memberikan kontribusi penting untuk kehidupan manusia tidak akan pernah menemukan penemuan mereka. Karena, semua berawal dari imajinasi. Kemudian, mereka berusaha untuk mewujudkan apa yang selama ini ada di angan-angan mereka. Jika tidak bisa terwujud persis seperti apa yang selama ini mereka bayangkan, setidaknya mendekati.

Memang, yang membuat kata bijak yang satu ini adalah seorang seniman. Tapi, itu tidak berarti bahwa imajinasi hanya penting bagi mereka yang berkarya dalam bidang seni, seperti pelukis, penulis, ataupun yang lainnya. Semua orang membutuhkan imajinasi mereka sendiri-sendiri. Selain itu, mempunyai imajinasi, adalah hal yang alami, dan semua orang mempunyainya, walaupun tidak semuanya mau mengakui apa saja yang sering mereka bayangkan.

Tapi tentunya, lepas dari sepenting apa imajinasi itu, kita tidak boleh hanya sibuk dengan imajinasi kita saja. Jika kita hanya “bermain-main” dan larut dalam imajinasi kita, dan tidak melakukan apapun dalam kehidupan nyata, semua itu akan sia-sia.

*****

Kembali ke halaman utama KataBijak.ID.