Imajinasi Lebih Penting Daripada Ilmu Pengetahuan

Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan

Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi melingkupi dunia. (Salah satu kata bijak paling populer dari Albert Einstein). Rangkaian kata bijak ini tentu saja merupakan terjemahan dari bahasa Inggris. Versi aslinya dalam bahasa Inggris adalah “Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.”

Rangkaian kata kata bijak dari Albert Einstein ini sangat menarik karena menekankan bahwa imajinasi adalah hal yang sangat penting. Banyak penemuan besar di dunia ini yang dilatarbelakangi oleh imajinasi para penemunya. Tapi tentu saja, imajinasi yang bermanfaat haruslah imajinasi yang positif dan terarah. Orang yang berimajinasi itu pun kemudian harus berusaha untuk mewujudkannya. Jika tidak ada usaha untuk mewujudkannya, tentu saja imajinasi itu menjadi sia-sia.

Satu hal yang harus kita ingat adalah fakta bahwa yang menyusun rangkaian kita ini adalah seorang ilmuwan, tapi dia justru mengatakan bahwa imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan.

*****

Kembali ke halaman kata kata bijak.