kata bijak - Hidup Manusia Sangat Rumit dan Penuh Detail

Hidup manusia sangat rumit dan penuh detail. Usahakan menyederhanakannya. (Kata bijak dari Henry David Thoreau).

Kata bijak dari Henry David Thoreau ini sangat mudah untuk dipahami karena hampir semua orang sudah merasakannya. Hidup kita ini memang rumit, dan penuh dengan hal-hal kecil yang mau tidak mau harus kita perhatikan. Bahkan, karena itu semua, ada banyak orang yang menganggap bahwa hidup ini melelahkan. Melalui rangkaian kata ini, Thoreau mengajak kita untuk membuat hidup kita ini menjadi lebih sederhana. Tapi bagaimana caranya? Bukankah jika hidup ini bisa dibuat lebih sederhana, pasti semua orang sudah melakukannya?

Menyederhanakan hidup sebenarnya cukup mudah, karena sederhana atau rumit itu bergantung kepada cara kita melihatnya. Itu lah apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh penulis kata bijak ini. Dia mengajak kita untuk melihat hidup dengan cara yang lebih simpel. Karena, dengan melihat hidup dengan lebih simpel, beban pikiran kita akan menjadi lebih ringan, walaupun tentunya memang tidak bisa hilang sama sekali.

Lalu apa contoh dari melihat hidup dengan lebih sederhana itu? Contoh paling mudah dalam hal cinta. Banyak orang yang sakit hati selama bertahun-tahun karena ditinggalkan/dicampakkan oleh pasangannya. Mereka menyimpan dendam yang justru menggerogoti diri mereka sendiri. Jika semua itu dilihat secara sederhana, pasti mereka akan sadar bahwa sebenarnya semua itu sia-sia. Orang itu sudah pergi, dengan cara mengkhianati, jadi sudah pasti dia tidak layak untuk dicintai. Jadi, sudah waktunya untuk move on. Sederhana bukan?

*****

Kembali ke halaman utama KataBijak.id.

Hidup Manusia Sangat Rumit dan Penuh Detail
Tagged on: