hidup-bukanlah-masalah-yang-harus-dipecahkan

Hidup bukanlah masalah yang harus dipecahkan, tetapi realita yang harus dijalani. (kata kata bijak dari Soren Aabye Kierkegaard).

Memang benar apa yang dikatakan oleh Soren melalui rangkaian kata di atas. Hidup adalah realita yang harus kita jalani, dan bukan sekedar masalah yang harus kita pecahkan. Jika kita menghadapi suatu masalah, dan kita berhasil memecahkannya, maka selesai lah masalah itu. Beda halnya dengan hidup. Hidup kita harus kita jalani, sampai sepanjang apa pun umur kita.

Satu hal yang tersirat dalam kalimat bijak ini adalah bahwa penulisnya ingin mengatakan bahwa dalam hidup ini kita akan selalu menghadapi masalah. Saat satu masalah berhasil kita selesaikan, pasti akan datang masalah lainnya. Tidak ada orang yang dalam hidupnya tidak mempunyai masalah. Jadi, daripada berharap mempunyai hidup yang bebas dari masalah, akan lebih baik jika kita menjalani semuanya dengan sabar. Tentunya, masalah satu orang dengan yang lainnya pasti berbeda. Ada yang masalahnya berat, dan ada yang masalahnya hanya ringan saja. Tapi, masalah tetaplah masalah, yang harus dihadapi dan dipecahkan satu demi satu.

Jadi, jika anda menghadapi suatu masalah yang anda anggap sangat berat, ingatlah bahwa orang lain juga pasti mempunyai masalah. Anda tidak sendiri. Dan tentunya, semuanya harus anda jalani, karena memang begitulah hidup ini.

Profil Soren Aabye Kierkegaard

Soren Aabye Kierkegaard adalah seorang filsuf, penulis puisi, dan penulis religius yang lahir pada bulan Mei 1813.

*****

Kembali ke halaman depan Kata Bijak.

 

Hidup Bukanlah Masalah Yang Harus Dipecahkan