Hal-hal Yang Tidak Menantang Tidak Akan Mengubah Dirimu

fred-devito

Hal-hal yang tidak menantang tidak akan mengubah dirimu. (Kata bijak ini dirangkai oleh Fred DeVito).

Versi asli dalam bahasa Inggris : If it doesn’t challenge you, it won’t change you.

Banyak orang yang tidak suka dengan hal-hal yang menantang. Ini karena seringkali hal-hal yang menantang memaksa orang untuk keluar dari zona aman mereka. Padahal, tantangan yang kita hadapi justru dapat mengubah kita menjadi lebih baik. Dan sebaliknya, jika kita selalu menghadapi hal-hal yang biasa-biasa saja dan tidak menantang, kita tidak akan berubah menjadi lebih baik.

Contoh yang paling sederhana adalah para pelaku bisnis. Jika dalam bisnis mereka tidak mempunyai pesaing sama sekali, biasanya mereka tidak akan berusaha untuk meningkatkan kualitas dari produk mereka. Mereka juga tidak akan gencar melakukan promosi. Tapi, jika mereka mempunyai banyak pesaing, mereka akan dihadapkan dengan hal-hal yang menantang. Tantangan utamanya tentu saja untuk mengalahkan pesaing-pesaing mereka. Dan untuk itu, mereka akan berubah menjadi lebih baik. Mereka akan meningkatkan kualitas dari produk mereka, dan harus terus melakukan inovasi supaya dapat bertahan.

Salah satu contoh yang nyata adalah apa yang dilakukan oleh Telkom Indonesia. Dulu, mereka lebih bersikap seakan-akan konsumen yang lebih membutuhkan mereka. Jika ada komplain, seringkali ditanggapi dalam waktu yang relatif lama. Perusahaan tersebut juga tidak mengiklankan layanan mereka dengan gencar. Tapi sekarang, karena banyaknya pesaing di bidang komunikasi dan internet, komplain ditanggapi dalam waktu yang jauh lebih singkat. Mereka juga mengiklankan produk mereka dengan gencar. Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan brosur yang menawarkan berbagai paket Indihome, lengkap dengan nomor marketingnya tertera di brosur tersebut. Dulu, Telkom tidak pernah melakukan marketing dengan cara seperti itu.

*****

Kembali ke halaman utama Kata Bijak.